eprintid: 12859 rev_number: 30 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/28/59 datestamp: 2014-06-17 06:50:20 lastmod: 2016-03-04 08:50:28 status_changed: 2014-06-17 06:50:20 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: FATIMATUL AMANI , NIM. 08680063 title: PENERAPAN METODE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SAINS BIOLOGI DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) WAHID HASYIM YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: KataKunci: Team Game Tournament (TGT), media tiga dimensi, minat, hasil belajar. note: Pembimbing : Runtut Prih Utami, M.Pd abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui keterlaksanaan penggunaan metode TGT dengan media tiga dimensi, 2) Mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode TGT dengan media tiga dimensi pada materi pokok Sistem Peredaran Darah Manusia di kelas VIII B MTs Wahid Hasyim tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs Wahid Hasyim tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini terlaksana sebanyak 3 siklus. Data peningkatan minat belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi dan angket, sedangkan dari segi hasil belajar siswa diperoleh dari nilai pre-tes dan post-tes. Data minat belajar siswa dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan memaparkan persentase rata-rata minat belajar siswa yang meningkat dari siklus I ke siklus II dan siklus III. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil pre-tes dan post-tes dengan teknik effect size, yaitu membandingkan rerata nilai post-tes siklus I, siklus II dan siklus III. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa penggunaan metode TGT dengan media tiga dimensi dapat terlaksana dengan baik serta dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa di kelas VIII B MTs Wahid Hasyim Yogyakarta. Minat belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 6 % pada siklus II menjadi13, 62 % pada siklus III. Rata-rata nilai post-tes siklus I adalah 7, 85, rata-rata nilai post-tes siklus II adalah 8, 37 dan rata-rata nilai post-tes III adalah 8,8. Jadi, hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari tiap siklusnya dengan effect size post-tes siklus I dengan II sebesar 0,52 dan effect size siklus II dan III sebesar 0,43. date: 2014-04-01 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: FATIMATUL AMANI , NIM. 08680063 (2014) PENERAPAN METODE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SAINS BIOLOGI DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12859/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12859/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf