%0 Thesis %9 Skripsi %A CARVILLA ROSYIDHA, NIM. 11130072 %B FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA %D 2014 %F digilib:12871 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T STRATEGI PENINGKATAN MINAT BACA SISWA DI PERPUSTAKAAN MTs NEGERI SEYEGAN SLEMAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12871/ %X Latar Belakang Masalah Keberadaan perpustakaan di suatu sekolah sangat penting. Ibarat tubuh manusia, perpustakaan adalah organ jantung yang bertugas memompa darah ke seluruh tubuh. Bahkan karena sangat pentingnya keberadaan perpustakaan sekolah ini, pemerintah mencanangkan bulan September sebagai bulan gemar membaca dan hari kunjung perpustakaan. Perpustakaan sekolah merupakan tempat belajar non formal yang dapat mencetak generasi unggulan sejak dini. Melalui perpustakaan sekolah, siswa dapat melakukan kegiatan belajar mandiri dengan membaca. Minat baca harus ditanamkan sungguh baik oleh sekolah maupun pihak perpustakaan kepada siswa. Karena minat baca bukanlah suatu bawaan diri, namun harus ditumbuhkan. Minat kunjung siswa di Perpustakaan MTs Negeri Seyegan Sleman sudah terbilang banyak, akan tetapi siswa yang berkunjung untuk membaca atau meminjam buku belum tinggi jika dibandingkan dengan banyaknya kurang lebih 500 siswa yang bersekolah di MTs Negeri Seyegan Sleman. Jadi, banyaknya pengunjung perpustakaan belum tentu mempengaruhi tingginya minat baca di perpustakaan tersebut. Padahal membaca adalah salah satu kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari dunia pendidikan, baik tingkat dasar, menengah maupun tinggi. Membaca adalah bentuk transformasi ilmu dengan cara melihat dan memahami isi yang tertulis di dalam buku pelajaran maupun buku lainnya. Banyak manfaat mambaca. Selain memperoleh hiburan, dengan membaca seseorang terbuka cakrawala pandangan dan pemikirannya. Oleh karena itu, buku disebut “jendela informasi dunia”. Membaca tidak hanya mengubah sudut pandang atau mind set seseorang, tetapi juga bisa mengubah hidup secara total. “Siswa hebat dan orang pintar merupakan mereka yang gemar membaca, sehingga dari membaca mereka lebih paham dengan sesuatu hal,” ujar Desri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Limapuluh (Pustakardok-Metro, 2012). Kurangnya minat baca siswa di Perpustakaan MTs Negeri Seyegan menarik penulis untuk mengambil judul “Strategi Peningkatan Minat Baca Siswa Di Perpustakaan MTs Negeri Seyegan Sleman”. Fokus perpustakaan MTs Negeri Seyegan Sleman saat ini adalah upaya untuk meningkatkan minat baca siswa agar mereka hidup sebagai generasi unggulan. Apabila minat baca siswa sudah tinggi, diharapkan membaca akan menjadi budaya tidak hanya di perpustakaan namun juga di lembaga induknya yaitu MTs Negeri Seyegan Sleman. %Z Pembimbing : Hj.Sri Rohyanti Zulaikha,S.Ag.,SIP.,M.Si