relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12877/ title: PROFESIONALISME GURU BK DI SMA N 1 KARANGANYAR KABUPATEN KEBUMEN creator: VINAS ANGGRAENI , NIM. 10220064 subject: Bimbingan dan Konseling Islam description: Latar belakang penelitian ini adalah kenyataan bahwa dunia pendidikan dihadapkan pada persoalan profesionalisme guru. Beberapa problem tentang profesionalisme guru terbentang mulai dari kenyataan bahwasanya tidak sedikit guru yang mengajar bidang studi bukan dari disiplin ilmu yang diperoleh dari bangku kuliah. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) bagaimana profesionalisme guru BK di SMA N 1 Karanganyar, 2) bagaimana cara guru BK dalam meningkatkan profesionalisme guru BK di SMA N 1 Karanganyar, 3) apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi profesionalisme guru BK di SMA N 1 Karanganyar. Dengan tujuan penelitian adalah: 1) untuk mengetahui profesionalisme guru BK yang profesional di SMA N 1 Karanganyar, 2) untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru BK dalam meningkatkan profesionnnalismenya, 3) untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi profesionlisme guru BK di SMA N 1 Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian di SMA N 1 Karanganyar Kabupaten Kebumen. Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan menggunakan model Miles dan Huberman dengan mereduksi data yang didapat kemudian menyajikan data ke dalam pola dan membuat kesimpulan dan verifikasi dari hasil tersebut. Setelah sebelumnya di lakukan keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kondisi profesionalisme guru BK di SMA N 1 Karanganyar dapat digolongkan sangat baik atau termasuk guru BK yang profesional karena memenuhi dua kriteria guru BK yang profesional dari IPBI (Ikatan Petugas Bimbingan Indonesia) dan ABKIN (Asosiasi Bimbingan Konseling Indonesia) yaitu (1) berwawasan, berpengetahuan, berketerampilan, bernilai, dan bersikap positif, meliputi: (a) pemahaman terhadap diri sendiri dan orang lain, (b) memiliki sifat-sifat sederhana, (c) memiliki rasa tanggung jawab, (d) memiliki komitmen yang tinggi, (e) terampil menggunakan teknik-teknik konseling. (2) pengakuan atas kemampuan dan kewenangan sebagai guru BK, meliputi: (a) memiliki kualifikasi akademik, (b) sudah sertifikasi atau lisensi, (c) memiliki komitmen meningkatkan kualifikasinya, (d) partisipasi dalam pengembangan keilmuwan dengan karyanya, (e) partisipasi aktif dalam organisasi keprofesiannya, (f) mematuhi rambu-rambu atau kode etik profesinya. 2) Cara guru BK di SMA N 1 Karanganyar meningkatkan profesionalismenya, yaitu: mengikuti pelatihan, meningkatkan standar kerja melalui pelayanan yang bertanggungjawab kepada konstituen serta memperoleh dukungan sistem melalui sarana dan prasaran yang representatif. 3) Faktor-faktor yang menetukan profesionalisme guru BK di SMA N 1 Karanganyar, yaitu: (a) faktor internal, meliputi: Guru BK, (b) faktor eksternal, meliputi: faktor sekolah atau dukungan sistem, faktor lingkungan kerja, kompensasi kerja, pengakuan dan penghargaan, serta supervisi dari pengawas. date: 2014-06-10 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12877/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12877/2/BAB%20II%2C%20III.pdf identifier: VINAS ANGGRAENI , NIM. 10220064 (2014) PROFESIONALISME GURU BK DI SMA N 1 KARANGANYAR KABUPATEN KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.