eprintid: 12887 rev_number: 29 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/28/87 datestamp: 2014-06-18 07:20:34 lastmod: 2015-12-03 05:46:18 status_changed: 2014-06-18 07:20:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SURTININGSIH , NIM. 10240032 title: SEGMENTASI PROGRAM SIARAN RADIO MQ FM YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: M divisions: jur_md full_text_status: restricted keywords: Kata kunci: Segmentasi, Radio. note: Pembimbing : Muhammad Toriq Nurmadiansyah, M.Si abstract: Surtiningsih (10240032) Radio merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk berdakwah, khususnya dalam menyampaikan nilai-nilai Islam kepada masyarakat. Seiring dengan munculnya globalisasi, bisnis radio pun semakin menggeliat, terutama setelah kran frekuensi terbuka lebar. Sehingga tingkat kompetisi untuk mendapatkan pendengar semakin meningkat, masingmasing harus semakin jeli dalam memilih sasarannya. Dalam hal ini segmentasi pasar akan memberikan kemudahan untuk menentukan pasar sasaran atau konsumen yang akan dituju. Segmentasi pasar dapat dilakukan berdasarkan geografi, demografi, psikografi atau berdasar perilaku. Radio MQ FM adalah radio inspirasi keluarga dengan konsep Islami, yang menerapkan strategi segmentasi pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Radio MQ FM memilahp pasar sasarannya, sehingga program yang disampaikan tepat sasaran. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu peneliti berusaha meneliti segmentasi pasar yang dilakukan Radio MQ FM dengan mendeskripsikan dalam bentuk kata-kata dengan ketentuan yang sesuai dengan prosedur penelitian yang ada, dengan data yang diperoleh dari hasil wawancara, mencari data, dari dokumen radio yang relevan, serta melakukan observasi pada objek yang diteliti. Dari penelitian yang dilaksanakan diketahui bahwa, segmentasi dilakukan melalui 3 tahap yaitu: survey, analisis, dan penentuan. Segmentasi dikelompokkan berdasar geografi, demografi, psikografi dan perilaku. Penetapan sasaran yang dipilih dengan pendekatan pasar serba aneka (differentiated marketing), segmen yang dibidik adalah anak-anak, dewasa, remaja dan orang tua. Positioning yang dilakukan Radio MQ FM, dengan tagline “Media Bening Hati Bersama Menuju Kebaikan” menciptakan identitas yang kuat sebagai ”Radio Keluarga Muslim” yang menyajikan kajian yang menginspirasi dan mendidik bagi keluarga. date: 2014-05-22 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: SURTININGSIH , NIM. 10240032 (2014) SEGMENTASI PROGRAM SIARAN RADIO MQ FM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12887/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12887/2/BAB%20II%2C%20III.pdf