%0 Thesis %9 Skripsi %A M. KHODIQ AL FAHMI , NIM. 08410146 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:12894 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T IMPLEMENTASI METODE AL-MA’ARIF DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VII SMP IT AT-TAHDZIB TIRTOMOYO WONOGIRI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12894/ %X M. KHODIQ AL FAHMI. Implementasi Metode Al-Ma’arif Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas VII SMP IT At-Tahdzib Tirtomoyo Wonogiri. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah dalam suatu pembelajaran, metode merupakan salah satu faktor yang menentukan berhasil tidaknya suatu pembelajaran. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan yang diharapkan, guru harus dapat menentukan metode yang tepat dan sesuai. Banyak sekali peserta didik di SMP IT at-Tahdzib Tirtomoyo Wonogiri yang kurang antusias dalam pembelajaran Al-Qur’an terutama dalam praktek membaca Al-Qur’an, karena itu dilaksananlah metode al-Ma’arif yang merupakan metode yang penyampaian materinya dengan cara yang beda dan menyenagkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisi secara kritis serta untuk mengetahui: 1) Bagaimana proses dan hasil implementasi metode al-Ma’arif dalam pembelajaran Al-Qur’an, 2) Kesulitan-kesulitan apa yang dihadapi guru dalam pelaksanaan Metode al-Ma’arif, 3) Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan dalam pelaksanaan Metode al-Ma’arif Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di SMP IT at- Tahdzib Tirtomoyo Wonogiri. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan cara analisis yang lebih menekankan pada penggunakan kata-kata untuk menjelaskan fenomena atau data yang didapatkan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukan: 1) Proses dan hasil Metode al-Ma’arif, di dalam proses pembelajaran metode al-Ma’arif terdapat guru, kelas yang diampu alokasi waktu, langkahlangkah pembelajaran, tujuan dan evaluasi. Hasilnya sebelum pembelajaran nilai rata-rata Al- Qur’an adalah 69, sesudah menggunakan metode al-Ma’arif nilai Al-Qur’an naik signifikan menjadi 77, 2) Kesulitan yang dihadapi guru dalam menggunakan metode al-Ma’arif yaitu, pertama; siswa kurang paham yang terdiri dari: membaca dan menghafal huruf hijaiyah, membaca huruf sambung dan hukum tajwid, kedua; kurangnya tenaga pengajar, ketiga; tidak ada dukungan dari lingkungan sosial. 3) Upaya guru yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan siswa yang kurang paham yaitu memberikan semangat belajar dengan pujian/kata-kata positif, memberi hadiah, dan memberi nilai. Upaya guru mengatasi kesulitan kurangnya tenaga pengajar yaitu menunjuk siswa lain untuk membantu, penggunaan metode klasikal. Upaya guru mengatasi kesulitan tidak ada dukungan dari lingkungan sosial yaitu, meningkatkan komunikasi antara guru dengan orang tua atau lingkungan sosial, pemberian tugas rumah. %Z Pembimbing : Munawwar Khalil M.Ag