%A NIM. 12220099 MUMTAZAH RIZQIYAH %O Muhsin Kalida. S.Ag., MA %T PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBANTU PENYESUAIAN DIRI SISWA BARU DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA %X Individu dalam melancarkan hidup bersama harus sanggup menyesuaikan diri terhadap sekelilingnya, remaja awal sebagaimana warga masyarakat pada umumnya harus mengadakan penyesuaian diri. Dalam penyesuaian diri dipengaruhi oleh sifat/pribadi yang dimiliki. Perbedaan Sifat atau pribadi yang dimiliki individu menjadikan individu harus bisa menerima dan sanggup menyesuaikan diri terhadap individu yang lain dan lingkungan, karena individu terlahir dari latar belakang yang berbeda, dan individu mempunyai sifat dan kepribadian yang tidak sama dengan individu yang lain. Bimbingan dan konseling bertugas memperhatikan perkembangan sikap dan perilaku siswa serta mengetahui perbedaan individu pada diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai tindakan guru bimbingan dan konseling dalam membantu penyesuaian diri siswa baru pada tahun ajaran 2015/2016 di SMP IT Abu Bakar yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara/interview, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan teori Milles dan Huberman dengan mereduksi data yang didapat kemudian menyajikan data kedalam pola dan membuat kesimpulan dan verifikasi dari hasil tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tindakan guru bimbingan dan konseling dalam membantu penyesuaian diri siswa baru pada tahun ajaran 2015/2016 adalah sebagai informator, organisator, motivator, director/ pengarah, inisiator, transmitter, fasilitator, mediator, evaluator. %K Peranan Guru Bimbingan dan Konseling, Penyesuaian Diri Siswa %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib12900