TY - THES N1 - Pembimbing : Irsyadunnas, M.Ag ID - digilib12906 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12906/ A1 - SYAMSUL ANWAR, NIM. 10220067 Y1 - 2014/06/07/ N2 - MIFTAKHUL MUAYATI, Manajemen Program Bimbingan dan Konseling Bagi Siswa Tunanetra di SMA N 1 Sewon. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam. Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang pada penelitian ini adalah berangkat dari prinsip khusus BK bahwa BK melayani semua siswa tanpa memandang latar belakang kehidupan, bagaimana keikutsertaan siswa tunanetra dalam program-program BK di sekolah formal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk dan implementasi manajemen program bimbingan dan konseling serta mekanisme kerja program bimbingan dan konseling bagi siswa tunanetra di SMA N 1 Sewon. Sumber data dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan purposive sampling, yakni guru BK yang menangani siswa tunanetra, yaitu 3 guru BK sebagai sumber data utama, dan kepala sekolah dan 4 siswa tunanetra sebagai sumber data pendukung. Objek penelitian ini adalah bentuk dan implementasi manajemen program bimbingan dan konseling serta mekanisme kerja program bimbingan dan konseling bagi siswa tunanetra di SMA N 1 Sewon. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis menggunakan deskriptif kualitatif model dari Miles dan Michael Huberman dengan cara menginterpretasikan data-data yang telah diperoleh serta didukung dengan triangulasi sumber guna mendapatkan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk manajemen program bimbingan dan konseling bagi siswa tunanetra di SMA N 1 Sewon mengadopsi manajemen yang digunakan oleh Gysbers dan Henderson yang implementasiannya secara umum disamakan dengan manajemen siswa normal pada umunya yang dilaksanakan dengan beberapa tahapan yaitu; (1) perencanaan meliputi enam unsur kegiatan yakni assessment, penyusunan program, penentuan penggunaan waktu, penyediaan anggaran biaya, penyediaan fasilitas, dan pengorganisasian, (2) desain berupa gambaran strategi pelaksanaan program, (3) pelaksanaan program-program yang meliputi pelayanan dasar, layanan responsif, perencanaan individual dan dukungan sistem, (4) evaluasi meliputi evaluasi personalia, program dan hasil, dan (5) tindak lanjut hasil evaluasi pelaksanaan. Mekanisme kerja program bimbingan dan konseling bagi siswa tunanetra dilakukan dengan serangkaian kegiatan yang diawali dengan pengumpulan data atau informasi siswa, kemudian analisis kebutuhan dan masalah yang dihadapi oleh siswa tunanetra, dan yang terakhir yaitu koordinasi untuk pelayanan pengembangan diri siswa tunanetra. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Keyword: Manajemen Program BK KW - Siswa Tunanetra M1 - skripsi TI - MANAJEMEN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING BAGI SISWA TUNANETRA DI SMA N 1 SEWON AV - restricted ER -