%0 Thesis %9 Skripsi %A SUSI SUSANTI , NIM. 10600005 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2014 %F digilib:12917 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Kontekstual, Pemahaman Konsep. %T PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA SMA/MA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12917/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media belajar LKS Matematika dengan Pendekatan Kontekstual materi pokok Logika untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep siswa yang berkualitas ditinjau dari tiga aspek penilaian yaitu aspek kelayakan isi, aspek kebahasaan, dan aspek penyajian serta untuk megetahui respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dengan produk LKS Matematika dengan Pendekatan Kontekstual materi pokok Logika. Pengembangan ini dilakukan dengan melalui beberapa tahap yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Instrumen penelitian berupa angket yang terdiri dari lembar penilaian kualitas LKS dan lembar respon siswa terhadap LKS. Angket respon siswa terhadap LKS diberikan kepada 32 siswa kelas X SMA Negeri 11 Yogyakarta sebagai subyek penelitian. Hasil penelitian berupa data kualitatif diubah menjadi data kuantitatif untuk memperoleh skor penilaian. Setelah itu data kuantitatif diubah lagi ke kualitatif untuk menentukan kualitas LKS baik atau sangat baik, respon positif atau sangat positif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas dari LKS Matematika dengan Pendekatan Kontekstual tergolong dalam kategori baik dengan persentase keidealan 73,06% dengan rincian komponen kelayakan isi dalam kategori baik dengan persentase keidelan 71,39%, komponen kebahasaan dalam kategori baik dengan persentase keidelan 74,55%, dan begitu pula komponen penyajian dalam kategori baik dengan persentase keidealan 74,76%. Respon siswa terhadap LKS ini tergolong dalam kategori respon positif dengan skor 63,69 dari skor maksimal ideal 80. Dilihat dari nilai post-test, LKS Matematika dengan Pendekatan Kontekstual telah berhasil dalam memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep siswa ditunjukkan dengan nilai rata-rata post-test 77,09, sehingga LKS Matematika dengan Pendekatan Kontekstual ini layak digunakan dalam pembelajaran matematika. %Z Pembimbing : Sintha Sih Dewanti, S. Pd., M. Pd. Si