%A NIM. 10481036 RR. FATKHULIA AYU RINENTY %O Pembimbing : Drs. H. Sedya Santosa, SS, M.Pd %T PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF GIRILOYO I WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL %X Dalam rangka mensukseskan pemanfaatan perpustakaan harus dilakukan upaya-upaya yang nyata dan peran aktif dari dari seluruh unsur masyarakat. Perpustakaan MI Ma’arif Giriloyo I merupakan salah satu perpustakaan yang pernah ditunjuk mewakili Kecamatan Imogiri untuk mengikuti lomba perpustakaan tingkat Kabupaten Bantul dan memperoleh peringkat pertama pada tahun 2013. Perpustakaan ini juga terlihat sangat hidup telihat dari kunjungan siswa yang sangat banyak. Adapun penelitian yang dikaji adalah: (1) bagaimana pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar di MI Ma’arif Giriloyo I Wukirsari Imogiri Bantul? (2) bagaimana upaya madrasah dalam mengotimalkan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar bagi siswa MI Ma’arif Giriloyo I Wukirsari Imogiri Bantul? Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif-analitik, yaitu peneliti berusaha untuk menjelaskan keadaan yang telah ada dengan tujuan menemukan fakta dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari penelitian ini meliputi: (1) Pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar di MI Ma’arif Giriloyo I dilakukan dengan pemanfaatan koleksi dan pemanfaatan sarana. Pemanfaatan koleksi perpustakaan MI Ma’arif Giriloyo I yang banyak digunakan adalah koleksi berupa referensi buku terutama koleksi referensi buku fiksi. Sedangkan pemanfaatan sarana dilakukan dengan menggunakan sarana ruangan perpustakaan untuk kegiatan belajar mengajar. (2) Upaya madrasah dalam mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan di MI Ma’arif Giriloyo I Wukirsari Imogiri Bantul diantaranya yaitu upaya kepala madrasah dalam mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar seperti: menciptakan suasana nyaman, menyediakan tenaga/pengelola perpustakaan yang berkompeten dalam bidang perpustakaan menambah koleksi, mengadakan kerjasama, memberikan dorongan atau motivasi kepada guru. Upaya guru dalam mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar yaitu: melakukan pembelajaran di perpustakaan, memberikan tugas atau latihan yang merujuk di perpustakaan, memberikan motivasi. Upaya pengelola perpustakaan dalam mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar yaitu: penginformasian buku baru, menyediakan koleksi yang menarik bagi siswa, memberikan reward, kegiatan kompetisi dalam madrasah, kegiatan membaca massal, membuat mading. %K Kata Kunci : Pemanfaatan, Perpustakaan, Sumber Belajar. %D 2014 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib12931