eprintid: 12956 rev_number: 29 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/29/56 datestamp: 2014-06-20 07:16:28 lastmod: 2015-12-03 06:05:07 status_changed: 2014-06-20 07:16:28 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SUSI DEWI RATNA, NIM. 09240062 title: STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BAITUL MAAL WA TAMWIL (BMT) CITRA BUANA SYARIAH YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: M divisions: jur_md full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci: Pengembangan Produk note: Pembimbing : Drs. M. Rasyid Ridla M.Si abstract: Susi Dewi Ratna. Strategi Pengembangan Produk Pembiayaan Murabahah di Baitul Maal wa Tamwil (BMT) Citra Buana Syariah Yogyakarta. Skripsi Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, 2009. Baitul Maal Wa Tamwil merupakan sebuah lembaga keuangan dengan prinsip syariah. BMT mempunyai beberapa produk pembiayaan yang salah satunya dalam produk pembiayaan Murabahah yang berarti pembiayaan dengan prinsip jual beli barang pada harga asal ditambah keuntungan yang telah disepakati antara pihak bank dan nasabah. Penjual menyebutkan harga pembelian barang kepada pembeli, kemudian ia mensyaratkan atas laba dalam jumlah tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui dan mendeskripsikan strategi pengembangan produk Murabahah di BMT Citra Buana Syariah Yogyakarta. 2) Mengetahui apa saja strategi pengembangan produk pembiayaan Murabahah yang dilakukan oleh BMT Citra Buana Syariah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang digambarkan dengan kata-kata atau kalimat-kalimat yang dipisahkan menurut katagori untuk memperoleh kesimpulan. Pengumpulan data menggunakan wawancara dengan manajer umum sekaligus merangkap sebagai manajer pemasaran di BMT Citra Buana Syariah Yogyakarta, metode observasi dengan mengamati langsung kegiatan pembiayaan di lapangan, metode dokumentasi yaitu mencari data berupa dokumen dan makalah tentang pembiayaan Murabahah di BMT Citra Buana Syariah Yogyakarta. Bagaimana proses pengembangan produk pembiayaan Murabahah untuk menjadi lebih baik dalam setiap proses pembiayaan yang dilakukan BMT Citra Buana Syari’ah Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukan: 1) Strategi pengembangan produk pembiayaan Murabahah yang dilakukan oleh BMT Citra Buana Syariah Yogyakarta adalah dengan melakukan promosi terus menerus, mengadakan pertemuan-pertemuan, jeli melihat kompetitor produk, dan dengan cara diwakalahkan atau diwakilkan. 2) Faktor yang mendorong pengembangan produk pembiayaan murabahah di BMT Citra Buana Syariah Yogyakarta yaitu ketatnya persaingan dengan bank-bank Umum yang juga menyediakan pembiayaan, dan juga semakin banyaknya masyarakat yang mencari pembiayaan yang berbasis syariah. Tidak terlepas dari strategi-strategi yang telah dilakukan oleh BMT Citra Buana Syariah juga mendapat beberapa kendala seperti adanya kompetitor dengan bank umum syariah yang saat ini banyak bermunculan, masyarakat masih mencari tingkat margin/ keuntungan yang tinggi dengan membandingkan produk di BMT dengan bank umum syariah. date: 2014-05-30 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: SUSI DEWI RATNA, NIM. 09240062 (2014) STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BAITUL MAAL WA TAMWIL (BMT) CITRA BUANA SYARIAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12956/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12956/2/BAB%20II%2C%20III.pdf