relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12960/
title: INOVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN SKI  MELALUI METODE MIND MAP DAN DAMPAKNYA TERHADAP  PROSES BELAJAR SISWA  (STUDI KASUS DI KELAS IX MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH  YOGYAKARTA)
creator: EMAN ROHEMAN, NIM.  10411004
subject: Pendidikan Agama Islam
description: EMAN ROHEMAN. Inovasi Guru Dalam Pembelajaran SKI Melalui  Metode Mind Map dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran Siswa (Studi  Kasus di Kelas IX Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta). Skripsi.  Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan  Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014.  Latar belakang masalah penelitian ini adalah masih adanya guru yang  kurang memperhatikan kemajemukan siswa, sehingga metode pembelajaran yang  digunakanpun cenderung monoton dan tidak memotivasi siswa untuk belajar. Di  Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogtakarta, ditemukan guru yang telah  menyadari tentang kemajemukan siswa. Untuk merespon kemajemukan tersebut,  guru melakukan sebuah inovasi pembelajaran melalui metode mind map dan  metode-metode lainnya yang berkaitan dengan mind map. Yang menjadi  permasalahan penelitian ini adalah mengapa guru melakukan inovasi  pembelajaran melalui metode mind map, bagaimana guru menerapkan metode  mind map di kelas, dan bagaimana dampak inovasi metode mind map terhadap  proses belajar siswa di kelas IX Mardasah Mu’allimin Muhammadiah  Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis  alasan guru dalam menggunakan mind map dan dampaknya terhadap proses  belajar siswa.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik. Objek  penelitian dibiarkan berada pada kondisi alamiah tanpa ada campur tangan dari  peneliti. Pengumpulan data dalam skripsi ini adalah dengan metode wawancara,  dokumentasi, dan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini  adalah dengan cara mereduksi data, displey data, memberi kesimpulan dan  memverifikasi data. Adapun untuk menguji keabsahan data, penelitian ini  menggunakan trianggulasi data, yakni trianggulasi metode, trianggulasi sumber,  dan trianggulasi teori.  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Alasan guru melakukan inovasi  melalui metode mind map dikarenakan setiap siswa memiliki kecerdasan dan gaya  belajar yang berbeda. Selain itu, yang menjadi alasan guru menggunakan mind  map adalah kurikulum madrasah yang padat dan materi SKI yang kompleks. (2)  Metode mind map dapat mengakomodir kecerdasan dan gaya belajar siswa yang  berbeda-beda dan dapat juga mengatasi permasalahan kurikulum madrasah dan isi  materi SKI yang kompleks. (3) Metode Mind Map berdampak pada antusias  siswa, keaktivan siswa dalam proses pembelajaran, memudahkan siswa dalam  mengingat materi, dan merangsang siswa menemukan ide atau gagasan baru.  (4) Untuk mencapai tujuan pembelajaran, metode mind map dikombinasikan  dengan metode lain, seperti: Studi pustaka, dan presentasi.
date: 2014-05-19
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12960/2/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
format: text
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12960/1/BAB%20II%2C%20III.pdf
identifier:   EMAN ROHEMAN, NIM. 10411004  (2014) INOVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN SKI MELALUI METODE MIND MAP DAN DAMPAKNYA TERHADAP PROSES BELAJAR SISWA (STUDI KASUS DI KELAS IX MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA).  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.