%0 Thesis %9 Skripsi %A EMAN ROHEMAN, NIM. 10411004 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:12960 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Kata kunci: Inovasi guru, metode mind map, kemajemukan siswa %T INOVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN SKI MELALUI METODE MIND MAP DAN DAMPAKNYA TERHADAP PROSES BELAJAR SISWA (STUDI KASUS DI KELAS IX MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12960/ %X EMAN ROHEMAN. Inovasi Guru Dalam Pembelajaran SKI Melalui Metode Mind Map dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran Siswa (Studi Kasus di Kelas IX Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah masih adanya guru yang kurang memperhatikan kemajemukan siswa, sehingga metode pembelajaran yang digunakanpun cenderung monoton dan tidak memotivasi siswa untuk belajar. Di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogtakarta, ditemukan guru yang telah menyadari tentang kemajemukan siswa. Untuk merespon kemajemukan tersebut, guru melakukan sebuah inovasi pembelajaran melalui metode mind map dan metode-metode lainnya yang berkaitan dengan mind map. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah mengapa guru melakukan inovasi pembelajaran melalui metode mind map, bagaimana guru menerapkan metode mind map di kelas, dan bagaimana dampak inovasi metode mind map terhadap proses belajar siswa di kelas IX Mardasah Mu’allimin Muhammadiah Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis alasan guru dalam menggunakan mind map dan dampaknya terhadap proses belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik. Objek penelitian dibiarkan berada pada kondisi alamiah tanpa ada campur tangan dari peneliti. Pengumpulan data dalam skripsi ini adalah dengan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara mereduksi data, displey data, memberi kesimpulan dan memverifikasi data. Adapun untuk menguji keabsahan data, penelitian ini menggunakan trianggulasi data, yakni trianggulasi metode, trianggulasi sumber, dan trianggulasi teori. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Alasan guru melakukan inovasi melalui metode mind map dikarenakan setiap siswa memiliki kecerdasan dan gaya belajar yang berbeda. Selain itu, yang menjadi alasan guru menggunakan mind map adalah kurikulum madrasah yang padat dan materi SKI yang kompleks. (2) Metode mind map dapat mengakomodir kecerdasan dan gaya belajar siswa yang berbeda-beda dan dapat juga mengatasi permasalahan kurikulum madrasah dan isi materi SKI yang kompleks. (3) Metode Mind Map berdampak pada antusias siswa, keaktivan siswa dalam proses pembelajaran, memudahkan siswa dalam mengingat materi, dan merangsang siswa menemukan ide atau gagasan baru. (4) Untuk mencapai tujuan pembelajaran, metode mind map dikombinasikan dengan metode lain, seperti: Studi pustaka, dan presentasi. %Z Pembimbing : Dr. Sukiman, S.Ag., M.Pd.