TY  - THES
N1  - Pembimbing :  Dr. Sukiman, S.Ag., M.Pd.
ID  - digilib12960
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12960/
A1  - EMAN ROHEMAN, NIM.  10411004
Y1  - 2014/05/19/
N2  - EMAN ROHEMAN. Inovasi Guru Dalam Pembelajaran SKI Melalui
Metode Mind Map dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran Siswa (Studi
Kasus di Kelas IX Madrasah Mu?allimin Muhammadiyah Yogyakarta). Skripsi.
Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan
Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014.
Latar belakang masalah penelitian ini adalah masih adanya guru yang
kurang memperhatikan kemajemukan siswa, sehingga metode pembelajaran yang
digunakanpun cenderung monoton dan tidak memotivasi siswa untuk belajar. Di
Madrasah Mu?allimin Muhammadiyah Yogtakarta, ditemukan guru yang telah
menyadari tentang kemajemukan siswa. Untuk merespon kemajemukan tersebut,
guru melakukan sebuah inovasi pembelajaran melalui metode mind map dan
metode-metode lainnya yang berkaitan dengan mind map. Yang menjadi
permasalahan penelitian ini adalah mengapa guru melakukan inovasi
pembelajaran melalui metode mind map, bagaimana guru menerapkan metode
mind map di kelas, dan bagaimana dampak inovasi metode mind map terhadap
proses belajar siswa di kelas IX Mardasah Mu?allimin Muhammadiah
Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis
alasan guru dalam menggunakan mind map dan dampaknya terhadap proses
belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik. Objek
penelitian dibiarkan berada pada kondisi alamiah tanpa ada campur tangan dari
peneliti. Pengumpulan data dalam skripsi ini adalah dengan metode wawancara,
dokumentasi, dan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah dengan cara mereduksi data, displey data, memberi kesimpulan dan
memverifikasi data. Adapun untuk menguji keabsahan data, penelitian ini
menggunakan trianggulasi data, yakni trianggulasi metode, trianggulasi sumber,
dan trianggulasi teori.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Alasan guru melakukan inovasi
melalui metode mind map dikarenakan setiap siswa memiliki kecerdasan dan gaya
belajar yang berbeda. Selain itu, yang menjadi alasan guru menggunakan mind
map adalah kurikulum madrasah yang padat dan materi SKI yang kompleks. (2)
Metode mind map dapat mengakomodir kecerdasan dan gaya belajar siswa yang
berbeda-beda dan dapat juga mengatasi permasalahan kurikulum madrasah dan isi
materi SKI yang kompleks. (3) Metode Mind Map berdampak pada antusias
siswa, keaktivan siswa dalam proses pembelajaran, memudahkan siswa dalam
mengingat materi, dan merangsang siswa menemukan ide atau gagasan baru.
(4) Untuk mencapai tujuan pembelajaran, metode mind map dikombinasikan
dengan metode lain, seperti: Studi pustaka, dan presentasi.
PB  - UIN SUNAN KALIJAGA
KW  - Kata kunci: Inovasi guru
KW  -  metode mind map
KW  -  kemajemukan siswa
M1  - skripsi
TI  - INOVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN SKI
MELALUI METODE MIND MAP DAN DAMPAKNYA TERHADAP
PROSES BELAJAR SISWA
(STUDI KASUS DI KELAS IX MADRASAH MU?ALLIMIN MUHAMMADIYAH
YOGYAKARTA)
AV  - restricted
ER  -