%A NIM. 11130049 ARRYSA PRAMUDITA %O Pembimbing : Hj. Sri Rohyanti Zulaikha, S. Ag., SIP., M. Si. %T KOMPETENSI SOSIAL PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKAAN SMP MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA %X Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi para petugas perpustakaan di perpustakaan SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta, khususnya dalam hal kompetensi sosial pustakawan. Kompetensi sosial pustakawan yang diamati dalam hal ini adalah bagaimana cara berkomunikasi dan berinteraksi dengan pemustaka. Metode yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini adalah metode kualitatif, dengan subjek pustakawan/petugas perpustakaan di perpustakaan SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta dan objeknya adalah kompetensi sosial pustakawan. alasan pengambilan judul ini ialah karena penulis ingin mengetahui bagaiman peran petugas perpustakaan dalam melayani pemustaka dengan latar belakang pendidikan yang berbeda-beda. Apakah para petugas perpustakaan SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta sudah memiliki kompetensi sosial pustakawan dan bagaimana menerapkan kompetensi yang dimiliki kepada pemustaka. Untuk mendapatkan data yang valid, penulis menggunakan beberapa metode dan teknik dalam pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun kesimpulan akhir yang didapatkan penulis adalah para petugas perpustakaan sudah memiliki kompetensi sosial pustakawan dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan pemustaka yang berkunjung dan memanfaatkan koleksi informasi di perpustakaan SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Hasil penulisan tugas akhir ini diharapkan dapat memotivasi para petugas perpustakaan SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta untuk meningkatkan kompetensinya dan selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pemustaka. Perkembangan perpustakaan sangat bergantung terhadap pelayanan dan citra pemustaka terhadap perpustakaan. %D 2014 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib12963