%A NIM. 10470037 DHIA ULMILLA %O Pembimbing : Muhammad Agus Nuryatno MA, Ph.D %T ANALISIS GAGASAN KONSEP DIRI MUHAMMAD IQBAL DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM %X Dhia Ulmilla. Analisis Gagasan Konsep Diri Muhammad Iqbal Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga 2014. Di tengah maraknya fenomena yang terjadi saat ini, seperti massifnya kekerasan, korupsi, terorisme, degradasi moral dan kebobrokan mental, dunia pendidikan selalu diposisikan pada urutan pertama sebagai penyebab sekaligus yang bertanggung jawab atas semua realitas tersebut. Sementara itu, secara konseptual, fenomena tersebut erat kaitannya dengan persoalan kepribadian, atau dikenal juga dengan istilah konsep diri. Tujuan kajian ini, adalah untuk mendeskripsikan dan mengulas konsep diri menurut Muhammad Iqbal serta relevansinya dengan pendidikan Islam saat ini. Dipandang dari jenisnya, kajian ini merupakan library research karena itu, sumber datanya adalah berupa bahan-bahan pustaka (buku, jurnal dan artikel ilmiah). Sesuai dengan jenisnya, maka pengumpulan data dalam kajian ini menggunakan metode riset kepustakaan, yang pelaksanaannya meliputi dua langkah: langkah bibliografi kerja dan bibliografi fungsional. Sedangkan analisis data dalam kajian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan fenomenologi. Dari kajian yang dilakukan, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa menurut Muhammad Iqbal, konsep diri merupakan hal mendasar dalam dunia pendidikan. Konsep diri menurut Iqbal adalah pusat dari segala organisasi kehidupan manusia. Konsep diri dalam pengertian ini, adalah satu kesatuan intuitif atau suatu titik kesadaran pencerah yang menerangi pikiran, perasaan dan keinginan manusia, serta mengorganisasikan berbagai kemampuan tidak terbatas dalam fitrah manusia. Oleh karena itu, dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsep diri Iqbal memiliki sejumlah relevansi dengan Pendidikan Islam. Mengenai relevansinya itu, antara lain: kehendak kreatif sebagai dasar pendidikan Islam, manusia otentik sebagai tujuan pendidikan Islam, relasi pendidik dan peserta didik dalam pendidikan Islam, pendidikan kepribadian sebagai karakteristik pendidikan Islam dan prinsip bebas, kritis dan bertanggung jawab dalam pendidikan Islam. %K Kata Kunci: Diri atau Khudi, Pendidikan Islam. %D 2014 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib12967