@phdthesis{digilib1297, month = {July}, title = {PENGARUH PEMBELAJARAN PRAKTIKUM SECARA TERPADU DAN TERPISAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATERI REPRODUKSI MANUSIA KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH ALI MAKSHUM KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { TAJUDIN ALI MUSTHOFA - NIM. 0145 0747}, year = {2008}, note = { b Pembimbing : /b Drs. Suhardi, M.Pd.}, keywords = {Pengaruh, Pembelajaran praktikum terpadu dan terpisah, Prestasi belajar.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1297/}, abstract = { ABSTRAK Penelitian ini memiliki dua tujuan yaitu: (1) Untuk mengetahui perbedaan pengaruh pembelajaran praktikum secara terpadu dan terpisah terhadap prestasi hasil belajar biologi materi Sistem Reproduksi Pada Manusia di Madrasah Aliyah Ali Makshum Krapyak Yogyakarta. (2) Untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap perlakuan pembelajaran praktikum secara terpadu dan terpisah pada materi Sistem Reproduksi Pada Manusia di Madrasah Aliyah Ali Makshum Krapyak Yogyakarta. Desain penelitian ini adalah pretest-postest kelompok tanpa acak. Populasinya adalah siswa-siswi kelas XI IPA Madrasah Aliyah Ali Makshum. Sampelnya adalah siswa kelas XI IPA A dan IPA B Madrasah Aliyah Ali Makshum yang berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode (1) tes, (2) Lembar penilaian proses pembelajaran, (3) angket. Teknik untuk menganalisis data menggunakan metode analisis stistik yaitu menganalisis data dalam bentuk angka angka yang dihasilkan dengan rumusan statistik. Untuk memberikan penjelasan yang di perlukan, penulis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, yaitu mmenganalisa data dengan menggunakan bentuk kata atau kalimat. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar biologi siswa antara yang model pembelajarannya menggunakan pembelajaran praktikum secara terpadu dan pembelajaran praktikum secara terpisah. Hasil analisis menunjukan perbedaan yang signifikan (p 0,05) bahwa kelas yang pembelajarannya menggunakan praktikum secara terpadu lebih baik dari pada kelas yang pembelajarannya menggunakan perlakuan praktikum terpisah. Peningkatan hasil belajar siswa untuk kelas praktikum terpadu adalah sebesar 37,06 \%. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa untuk kelas praktikum terpisah adalah sebesar 18,44 \%. Siswa kelas XI IPA di Madrasah Aliyah Ali Makshum Krapyak Yogyakarta lebih banyak memberikan tanggapan yang positif 61,67\% terhadap perlakuan pembelajaran praktikum secara terpadu dari pada tanggapan pada perlakuan pembelajaran praktikum secara terpisah } }