eprintid: 1298 rev_number: 1 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/12/98 lastmod: 2012-05-04 16:40:46 status_changed: 2012-05-04 16:40:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: TITO SANJAYA - NIM. 03450452, title: PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN PEMAHAMAN MATERI POKOK BIOTEKNOLOGI PADA SISWA KELAS X MA IBNUL QOYYIM ispublished: pub full_text_status: none keywords: Strategi TGT, Cooperative Learning, motivasi berprestasi, Madrasah Aliyah dan kemampuan pemahaman. note: b Pembimbing : /b Drs. Sudjoko, MS. abstract: ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan strategi Cooperative Learning tipe Team Games Tournament (TGT) di kelas X putra MA Ibnul Qoyyim, jumlah siklus pembelajaran yang dibutuhkan untuk mengetahui peningkatan motivasi berprestasi dan pemahaman materi pokok bioteknologi serta kompetensi yang dicapai oleh siswa dalam setiap siklus pembelajaran. Penelitian dilakukan di kelas X putra MA Ibnul Qoyyim, Tegalyoso, Sitimulyo, Piyungan, Bantul, tahun ajaran 2006/2007. Desain penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang mempunyai tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), refleksi (reflection) dan revisi. Data yang dikumpulkan adalah motivasi berprestasi siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan strategi Cooperative Learning tipe Team Games Tournament dan data pemahaman siswa dengan menggunakan pretes dan postes. Data motivasi berprestasi diperoleh dari lembar observasi dan pemahaman siswa diperoleh melalui soal tes. Data-data tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif dengan menyajikan tabel distribusi frekuensi data tunggal dan tabel distribusi relatif yang telah melalui proses kuantifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi Cooperative Learning tipe Team Games Tournament dapat terlaksana di kelas X putra MA Ibnul Qoyyim. Banyaknya siklus pembelajaran yang dibutuhkan untuk mencapai peningkatan motivasi berprestasi dan pemahaman siswa adalah tiga siklus. Peningkatan yang muncul pada siklus pertama adalah kemampuan membaca, mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan/pendapat. Kompetensi yang dicapai pada siklus kedua adalah kemampuan bekerjasama, komunikasi lisan dan tertulis dan memecahkan masalah. Kompetensi yang dicapai pada siklus ketiga adalah kemampuan menjawab pertanyaan. date: 2008-07-21 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2008-07-21 16:28:02 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--titosanjay-926-1-titosan-).pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/19/digilib-uinsuka--titosanjay-926-1-titosan-).pdf ; url download server lama : /download.php?id=1068 ; nama file lama : TITO SANJAYA 03450452 PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT).PDF ; format file : application/pdf ; besar file : 2822572 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2008-07-21 16:28:02 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--titosanjay-926-1-titosan-).pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/19/digilib-uinsuka--titosanjay-926-1-titosan-).pdf ; url download server lama : /download.php?id=1068 ; nama file lama : TITO SANJAYA 03450452 PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT).PDF ; format file : application/pdf ; besar file : 2822572 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2008 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: TITO SANJAYA - NIM. 03450452, (2008) PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN PEMAHAMAN MATERI POKOK BIOTEKNOLOGI PADA SISWA KELAS X MA IBNUL QOYYIM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.