<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR CTL\r\n(CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING)\r\nPADA MATAPELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DI MADRASAH ALIYAH\r\nNEGERI GODEAN YOGYAKARTA UNTUK MENINGKATKAN\r\nKEAKTIFAN SISWA\r\n\r\n"^^ . "BASTIAN FEBRIANTO. Implementasi Pendekatan CTL (Contextual\r\nTeaching and Learning) dalam Pembelajaran Akidah Akhlaq di Madrasah Aliyah\r\nNegeri Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam\r\nFakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014.\r\nLatar belakang masalah penelitian ini adalah adanya penurunan kualitas\r\npendidikan dari masa sebelumnya, terutama Pendidikan Agama Islam. Banyak\r\npeserta didik yang mengindikasikan kebosanan dalam kegiatan belajar mengajar\r\n(KBM) di sekolah-sekolah maupun institusi pendidikan. Diperlukan suatu metode\r\npengajaran baru yang berbasis pada siswa (student centered) dan menggunakan\r\npembelajaran aktif (active learning). Metode pembelajaran kontekstual atau biasa\r\ndisebut Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan salah satu metode\r\npembelajaran yang sudah cukup lama dan terkenal dalam pembelajaran aktif.\r\nImplementasi metode tersebut di madrasah akan sangat menarik diteliti sebab\r\npembelajaran agama memiliki beban belajar yang lebih banyak dari pada sekolah\r\numum setaraf lainnya.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian action research dengan metode\r\npengumpulan datanya berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan\r\nmetode analisis datanya menggunakan metode triangulasi dimana data\r\ndigabungkan dan dicek kebenarannya. Dalam hal ini peneliti berusaha\r\nmendeskripsikan hasil observasi implementasi pendekatan CTL di MAN Godean\r\npada pelajaran Aqidah Akhlaq di kelas XF tahun ajaran 2013/2014 yang\r\nkemudian dilakukan analisis data dan pengorganisasian sehingga peneliti dapat\r\nmelakukan interpretasi data dengan dasar pedoman teori-teori pembelajaran\r\nkontekstual yang ada.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran\r\nkonstekstual di MAN Godean sudah memenuhi tujuh unsur pokok dalam\r\npembelajaran konstekstual yaitu kontruktivisme, questioning, inquiry, learning\r\ncommunity, modeling, reflection, authentic asessment. Konstruktivisme berarti\r\nmembangun pengetahuan awal peserta didik dengan cara memberikan stimulusstimulus\r\ntentang kompetensi yang akan dipelajari. Questioning berarti\r\nmemberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya pada pendidik maupun\r\nsesama peserta didik. Inquiry berarti dapat mendorong peserta didik untuk\r\nmenemukan sendiri pengetahuan yang mereka perlukan lewat observasi ataupun\r\npenelitian sederhana. Learning Community maksudnya adalah pendidik dapat\r\nmengkondisikan kelas dan proses pembelajaran sehingga terjadi kegiatan\r\nberdiskusi kelompok antar peserta didik walaupun dengan media yang minimalis.\r\nModeling merupakan kegiatan pembelajaran dimana peserta didik ataupun\r\npendidik memberikan contoh dalam hubungannya dengan kompetensi yang\r\nsedang dipelajari. Reflection berarti memberikan penekanan berupa kesimpulan\r\nmaupun point-point penting oleh pendidik dalam proses pembelajaran. Authentic\r\nAsessment berarti melakukan penilaian akhir pada peserta didik meliputi penilaian\r\nkognitif, afektif dan psikomotor.\r\n\r\n"^^ . "2014-06-11" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 10410129"^^ . "BASTIAN FEBRIANTO "^^ . "NIM. 10410129 BASTIAN FEBRIANTO "^^ . . . . . . "PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR CTL\r\n(CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING)\r\nPADA MATAPELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DI MADRASAH ALIYAH\r\nNEGERI GODEAN YOGYAKARTA UNTUK MENINGKATKAN\r\nKEAKTIFAN SISWA\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR CTL\r\n(CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING)\r\nPADA MATAPELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DI MADRASAH ALIYAH\r\nNEGERI GODEAN YOGYAKARTA UNTUK MENINGKATKAN\r\nKEAKTIFAN SISWA\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR CTL\r\n(CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING)\r\nPADA MATAPELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DI MADRASAH ALIYAH\r\nNEGERI GODEAN YOGYAKARTA UNTUK MENINGKATKAN\r\nKEAKTIFAN SISWA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR CTL\r\n(CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING)\r\nPADA MATAPELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DI MADRASAH ALIYAH\r\nNEGERI GODEAN YOGYAKARTA UNTUK MENINGKATKAN\r\nKEAKTIFAN SISWA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR CTL\r\n(CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING)\r\nPADA MATAPELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DI MADRASAH ALIYAH\r\nNEGERI GODEAN YOGYAKARTA UNTUK MENINGKATKAN\r\nKEAKTIFAN SISWA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR CTL\r\n(CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING)\r\nPADA MATAPELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DI MADRASAH ALIYAH\r\nNEGERI GODEAN YOGYAKARTA UNTUK MENINGKATKAN\r\nKEAKTIFAN SISWA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR CTL\r\n(CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING)\r\nPADA MATAPELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DI MADRASAH ALIYAH\r\nNEGERI GODEAN YOGYAKARTA UNTUK MENINGKATKAN\r\nKEAKTIFAN SISWA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR CTL\r\n(CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING)\r\nPADA MATAPELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DI MADRASAH ALIYAH\r\nNEGERI GODEAN YOGYAKARTA UNTUK MENINGKATKAN\r\nKEAKTIFAN SISWA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR CTL\r\n(CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING)\r\nPADA MATAPELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DI MADRASAH ALIYAH\r\nNEGERI GODEAN YOGYAKARTA UNTUK MENINGKATKAN\r\nKEAKTIFAN SISWA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR CTL\r\n(CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING)\r\nPADA MATAPELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DI MADRASAH ALIYAH\r\nNEGERI GODEAN YOGYAKARTA UNTUK MENINGKATKAN\r\nKEAKTIFAN SISWA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #12994 \n\nPEMANFAATAN SUMBER BELAJAR CTL \n(CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) \nPADA MATAPELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DI MADRASAH ALIYAH \nNEGERI GODEAN YOGYAKARTA UNTUK MENINGKATKAN \nKEAKTIFAN SISWA \n \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .