%A NIM. 10390010 PRITA PRAMUDYA NUGROHENI %O Pembimbing : Drs. A. Yusuf Khoiruddin, SE, M.Si %T PENGARUH STRATEGI DIFERENSIASI, POSITIONING DAN IKLAN PRODUK PROGRAM FAEDAH (FASILITAS SERBA MUDAH) TABUNGAN BRI SYARI’AH TERHADAP MOTIVASI MENABUNG NASABAH %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh strategi diferensiasi, positioning dan iklan produk program FAEDAH (fasilitas serba mudah) tabungan BRI Syari‟ah terhadap motivasi menabung nasabah. Penelitin ini merupakan penilitian terapan dan jenis penelitian ini bersifat eksplanasi. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel independen (strategi diferensiasi, positioning dan iklan) terhadap variabel dependen (motivasi menabung nasabah). Penelitian ini menggunakan data kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik accidental sampling. Jenis dan sumber datanya adalah data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan membagikan pada nasabah produk tabungan BRI Syari‟ah Kantor Cabang Yos Sudarso dan wawancara, Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian adalah berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Untuk menganalisis data, digunakan analisis regresi linier berganda. Pengolahan data menggunakan SPSS 17 for windows. Hasil penelitian pada hipotesis pertama menunjukkan bahwa strategi diferensiasi program FAEDAH tabungan BRI Syari‟ah iB berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi menabung nasabah di BRI Syari‟ah KC Yos Sudarso. Strategi Diferensiasi sangat penting karena suatu bukti perusahaan kepada pelanggan yang berupa perbedaan yang berarti atau yang mendatangkan value bagi konsumen sehingga konsumen termotivasi untuk membeli produk tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa semakin berbeda produk yang ditawarkan oleh bank maka semakin tinggi pula motivasi nasabah untuk menabung. Hasil pengujian pada hipotesis kedua menunjukkan bahwa positioning program FAEDAH tabungan BRI Syari‟ah iB tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi menabung nasabah di BRI Syari‟ah KC Yos Sudarso. Hal ini karena metode penyampaian yang dilakukan BRI Syari‟ah KC Yos Sudarso mengenai produk Tabungan BRIS iB belum dapat dimengerti oleh masyarakat secara umum. Sedangkan hasil pengujian pada hipotesis ketiga menunjukkan bahwa Iklan program FAEDAH tabungan BRI Syari‟ah iB berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi menabung nasabah di BRI Syari‟ah KC Yos Sudarso. Hal ini menunjukkan bahwa semakin menarik iklan program Tabungan FAEDAH maka akan semakin tinggi pula motivasi nasabah untuk menabung. %K Kata kunci : Strategi diferensiasi, positioning, iklan produk, dan motivasi. %D 2014 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib13001