%0 Thesis %9 Skripsi %A DIAH NOVITA SARI , NIM. 10421009 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:13006 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T EKSPERIMENTASI METODE SOSIODRAMA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs MA’ARIF NU 08 SIANDONG BREBES TAHUN PELAJARAN 2013/2014 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13006/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengujicobakan sebuah model pembelajaran, yang nantinya bisa mengungkapkan ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa khususnya peningkatan kemampuan al-kalam siswa, dan menunjukan pebedaan antara prestasi hasil belajar siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol pada siswa kels VII di MTs Ma’arif NU 08 Siandong Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimentasi, dimana penelitiannya adalah siswa MTs kelas VII. Dari populasi di sekolah diambil dua kelas yang homogen sebagai sempel yang akan diteliti, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawan cara dan dengan menggunakan The Randomized Pretest-Posttest Control Group Desgn sebagai desain penelitiannya. Hasil penelitian yang didasarkan pada hasil analisis statistik menunjukkan bahwa uji T Posttest antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen didapatkan nila Sig= 0.002<0.05 (Ha diterima) yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Sedangkan uji T nilai Pretest dan posttest kelompok eksperimen menghasilkan nilai Sig = 0.0000<0.05 (Ha diterima), yang artinya terdapat peningkatn yang signifikan pada hasil belajar siswa kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode sosiodrama. Pada kelompok eksperimen menunjukan prestasi hasil belajar al-kalam siswa menjadi meningkat. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari skor rata-rata posttest kelompok eksperimen sebesar 79.1, sedangkan kelompok kontrol memperoleh skor rata-rata postest sebesar 76.5, kemudian dari rata-rata peningkatan kemampuan prestasi hasil belajar al-kalam siswa tersebut. Kelompok eksperimen menunjukan peningkatan yang tinggi yakni 77.4. Dengan melihat perbedaan skor yang diperoleh masing-masingkelompok, menunjukan bahwa metode sosiodrama dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan prestasi alkalam pada siswa kelas VII MTs Ma’arif NU 08 Siandong Brebes, dan juga dapat dijadikan sebagai alternatif dalam memilih model pembelajaran guna mengatasi permasalahan yang ada dalam pembelajaran al-kalam, serta dapat menjadikan sebuah stimulan bagi peseta didik agar lebih tertarik untuk belajar dan berkomunikasi. %Z Pembimbing : Dr. Sembodo Ardi W, S.Ag, M.Ag