%A NIM. 10470003 FERDIAN UTAMA %O Pembimbing : Agus Nuryatno, MA., Ph.D %T TEORI EMPIRISME THOMAS HOBBES DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM %X Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa fenomena dalam dunia pendidikan harus segera dibenahi, karena masih banyak sebagai seorang pendidik belum mampu menjalankan tugasnya dan masih banyak pendidik yang memberikan pembelajaran tidak berkompeten dalam bidang ilmunya, sehingga berdampak buruk bagi peserta didiknya. Pengalaman dan memfungsikan seluruh indera adalah proses pembelajaran yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah: untuk memehami konsep empirisme Thomas Hobbes dan menganalisis relevansinya terhadap pendidikan Islam. Rumusan Masalah penelitian ini adalah, bagaimana konsep empirisme Thomas Hobbes dan bagaimana relevansinya dalam pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan historis dan filosofis. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan tekhnik analisis dan deskriptik analitik yaitu data-data yang berkaitan dengan tema yang diteliti dikumpulkan dan diklasifikasikan, lalu dilakukan penafsiran atau uraian tentang data, kemudian disimpulkan dengan metode induktif dan deduktif. Hasil penelitian ini adalah: pertama konsep empirisme Thomas Hobbes menggunakan empiris radikal. Dalam pemikirannya yang dihasilkan sesuai apa yang ia alami sehingga disebut sebagai penganut empirisme, yaitu tentang kontrak social, pembentukan suatu Negara dan perjanjian hukum terhadap masyarakat (civil society). Kedua terdapat beberapa relevansi konsep teori empirisme Thomas Hobbes dalam pendidikan Islam, yaitu epistemology pendidikan Islam yang kajian dalam pendidikan Islam disebut Burhani, kemudian sebagai ajaran empiris Rasulullah yang dikaji oleh mdzhab sahabi, selanjutnya pengalaman keagamaan. Dalam pengalaman keagaman ini adalah keteladanan dan sebagai acuan sesuai apa yang telah dilakukan oleh Rasulullah diantaranya, gerakan ibadah shalat yang telah diajarkan oleh Rasulullah kepada para sahabat sampai pada kaum muslim saat ini, dan proses pembelajaran dalam pendidikan Islam. Penelitian ini terdapat beberapa kelemahan dan kritik terhadap konsep empirisme Thomas Hobbes dari beberapa kalangan. %K Kata Kunci: Empirisme Thomas Hobbes, Relevansi, Pendidikan Islam, Pengalaman, Indrawi. %D 2014 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib13012