<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PAI\r\nDALAM PENINGKATAN SOCIAL SKI PESERTA DIDIK\r\nSD ALAM HARAPAN KITA KAB. KLATEN\r\n\r\n"^^ . "ASTRI SEPTIYANINGRUM. Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai\r\nSumber Belajar PAI dalam Peningkatan Social Skill Peserta Didik SD Alam\r\nHarapan Kita Kab. Klaten. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam\r\nFakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang\r\npenelitian ini adalah setiap proses pembelajaran membutuhkan sumber belajar.\r\nLingkungan sekolah sebagai sumber belajar yang nyata dan praktik yang mampu\r\ndisajikan kepada peserta didik dengan mudah. Dari lingkungan yang tersedia itu\r\ndiharapkan terjadinya proses penanaman social skill pada peserta didik, sebagai\r\nbersosialisasi dan hidup bermasyarakat. Tentunya sebagai sekolah dasar Islam,\r\nSD Alam Harapan Kita Klaten memanfaatkan lingkungan yang diciptakan\r\ntersebut untuk membentuk social skill guna menghadapi tantangan masa depan\r\nyang semakin instan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan\r\nlingkungan sekolah sebagai sumber belajar PAI di Sekolah Alam SD Harapan\r\nKita Kabupaten Klaten dan hasil yang dicapai dari pemanfaatan lingkungan\r\nsekolah dalam pembentukan social skill peserta didik.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SD\r\nAlam Harapan Kita Klaten. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan,\r\nwawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah\r\nmodel Miles dan Huberman, yaitu mereduksi data, penyajian data, dan dilanjutkan\r\ndengan verifikasi data.\r\nHasil penelitian menunjukkan: (1) Pembelajaran PAI dengan menerapkan\r\nlingkungan sekolah sebagai sumber belajar dikemas tiga metode yaitu observasi,\r\neksperimen dan outing. Metode observasi, yaitu metode yang dilakukan dengan\r\npengamatan terhadap lingkunagn sekitar dengan memperlihatkan obyek yang\r\nakan dipelajari, kemudian siswa diminta mengeksplorasi yang mereka lihat.\r\nMetode eksperimen dilakukan dengan dengan uji coba atau praktek terhadap\r\nobyek yang terdapat di lingkungan sekolah tersebut seperti menyantuni dhuafa.\r\nMetode Outing merupakan pembelajaran yang dilakukan di luar sekolah. Outing\r\npada pembelajaran PAI dilaksanakan di lingkungan masyarakat sekitar sekolah.\r\n(2) Hasil kecakapan sosial dari pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber\r\nbelajar PAI antara lain, pertama: kesadaran situasional maksudnya mereka mampu\r\nmembaca situasi dan kondisi yang tejadi di lingkungannya. Menciptakan rasa\r\nsikap tolong menolong antar siswa maupun masyarakat. Kedua: Kecakapan ide,\r\nefektivitas, pengaruh kuat dalam melakukan komunikasi dengan seseorang\r\nataupun kelompok dapat dilihat dari hasilnya yaitu dengan kemampuan dalam\r\nmenyampaikan gagasannya dan mempengaruhi orang lain. Siswa mampu\r\nmenyampaikan kritik dari pengamatan saat pembelajaran. Ketiga:\r\nBerkembangnya rasa empati peserta didik mampu menbentuk anak yang selalu\r\nbersyukur dan dermawan. Keempat: Terampil berinteraksi sebagai hasil\r\npembentkan social skill dapat dilihat sikap peserta didik kemampuannya dalam\r\nberkomunikasi. Siswa memiliki keberanian mengajak bicara orang yang baru\r\ndikenalnya seperti tamu sekolah tersebut.\r\n\r\n"^^ . "2014-05-03" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 10411050"^^ . "ASTRI SEPTIYANINGRUM "^^ . "NIM. 10411050 ASTRI SEPTIYANINGRUM "^^ . . . . . . "PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PAI\r\nDALAM PENINGKATAN SOCIAL SKI PESERTA DIDIK\r\nSD ALAM HARAPAN KITA KAB. KLATEN\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PAI\r\nDALAM PENINGKATAN SOCIAL SKI PESERTA DIDIK\r\nSD ALAM HARAPAN KITA KAB. KLATEN\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PAI\r\nDALAM PENINGKATAN SOCIAL SKI PESERTA DIDIK\r\nSD ALAM HARAPAN KITA KAB. KLATEN\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PAI\r\nDALAM PENINGKATAN SOCIAL SKI PESERTA DIDIK\r\nSD ALAM HARAPAN KITA KAB. KLATEN\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PAI\r\nDALAM PENINGKATAN SOCIAL SKI PESERTA DIDIK\r\nSD ALAM HARAPAN KITA KAB. KLATEN\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PAI\r\nDALAM PENINGKATAN SOCIAL SKI PESERTA DIDIK\r\nSD ALAM HARAPAN KITA KAB. KLATEN\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PAI\r\nDALAM PENINGKATAN SOCIAL SKI PESERTA DIDIK\r\nSD ALAM HARAPAN KITA KAB. KLATEN\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PAI\r\nDALAM PENINGKATAN SOCIAL SKI PESERTA DIDIK\r\nSD ALAM HARAPAN KITA KAB. KLATEN\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PAI\r\nDALAM PENINGKATAN SOCIAL SKI PESERTA DIDIK\r\nSD ALAM HARAPAN KITA KAB. KLATEN\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PAI\r\nDALAM PENINGKATAN SOCIAL SKI PESERTA DIDIK\r\nSD ALAM HARAPAN KITA KAB. KLATEN\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #13014 \n\nPEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PAI \nDALAM PENINGKATAN SOCIAL SKI PESERTA DIDIK \nSD ALAM HARAPAN KITA KAB. KLATEN \n \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .