eprintid: 13036 rev_number: 31 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/30/36 datestamp: 2014-06-24 07:40:13 lastmod: 2016-02-15 02:09:01 status_changed: 2014-06-24 07:40:13 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: LATIFAH HIDAYATI , NIM. 06690024 title: PENGEMBANGAN MODUL IPA FISIKA POKOK BAHASAN USAHA DAN ENERGI BERPARADIGMA INTEGRASI-INTERKONEKSI ispublished: pub subjects: Pen_fis divisions: jur_pefis full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci : modul, IPA Fisika, paradigma integrasi-interkoneksi, usaha, energi. note: Pembimbing : Drs. Nur Untoro, M. Si. abstract: Hakikat pembelajaran IPA pada dasarnya tidak hanya mempelajari fenomena alam tetapi juga menanamkan nilai religius untuk mengangungkan Sang Pencipta. Penanaman nilai religius dapat dilakukan melalui integrasi-inerkoneksi makna Al-Qur’an, hadist maupun peristiwa keagamaan dengan konsep IPA baik dalam proses pembelajaran maupin dalam bahan ajar. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengembangkan modul pembelajaran IPA Fisika pokok bahasan usaha dan energi berparadigma integrasi-interkoneksi untuk siswa SMP/MTs kelas VIII semester genap. 2) mengetahui kualitas modul yang dikembangkan. 3) mengetahui respon siswa terhadap modul yang dikembangkan. Metode penelitian ini adalah pengembangan (R & D) dengan model pengembangan prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Prosedur dalam penelitian ini menggunakan model 3-D yang diadaptasi dari pengembangan perangkat model 4-D yang dikemukakan oleh Thiagaraja, Semmel dan Semmel yang meliputi tahap Define, Desing dan Develop. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian kualitas modul dan angket respon siswa. Hasil penelitian ini berupa (1) modul IPA Fisika pokok bahasan usaha dan energi berparadigma integrasi-interkoneksi untuk siswa SMP/MTs kelas VIII semester genap. (2) kualitas modul berdasarkan penilaian oleh ahli materi dan ahli integrasi-interkoneksi memiliki kategori cukup, penilaian oleh ahli media memiliki kategori baik dan penilaian oleh guru IPA memiliki kategori sangat baik. (3) Respon siswa terhadap modul yang dikembangkan baik pada uji lapangan skala kecil maupun pada skala besar termasuk dalam kriteria sangat positif. date: 2014-02-04 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: LATIFAH HIDAYATI , NIM. 06690024 (2014) PENGEMBANGAN MODUL IPA FISIKA POKOK BAHASAN USAHA DAN ENERGI BERPARADIGMA INTEGRASI-INTERKONEKSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13036/2/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13036/1/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf