%A NIM. 09680038 IDA DWI ANGGRAENI %O Pembimbing : Lela Susilawati, S.Pd.,M.Si %T PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA TEKA- TEKI SILANG (TTS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs AN-NUUR WONOSOBO %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VIII MTs An-Nuur Wonosobo melalui penerapan metode pembelajaran Students Team Achievement Division (STAD) berbantuan media teka-teki silang (TTS). Materi yang diajarkan adalah sistem gerak manusia. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart dengan dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII MTs An-Nuur Wonosobo yang berjumlah 27 siswa. Instrumen yang digunakan adalah soal pretes dan postes, serta instrumen pendukung berupa lembar observasi keaktifan serta angket tanggapan siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran STAD berbantuan media TTS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs An-Nuur. Rata-rata nilai postes siswa pada siklus I dan II mengalami peningkatan. Peningkatan hasil belajar dianalisis menggunakan effect size sebesar 0,4 dengan kategori efek kuat. Dengan demikian, penerapan metode STAD berbantuan media TTS memberikan efek kuat dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs An-Nuur Wonosobo. %K Kata kunci: hasil belajar, sistem gerak, STAD, teka-teki silang. %D 2014 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib13037