%0 Thesis %9 Skripsi %A MUJI ROHMAT , NIM. 10210009 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2014 %F digilib:13089 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Kata Kunci: Komunikasi Dakwah, Film Sang Kiai, Semiotika Roland Barthes %T KOMUNIKASI DAKWAH KH. HASYIM ASYARI DALAM FILM SANG KIAI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13089/ %X Film Sang Kiai merupakan film karya sutradara Rako Prijanto yang diproduksi oleh rumah produksi Rapi Film. Film ini menceritakan tentang perjuangan dan ketokohkan KH. Hasyim Asyari yang merupakan tokoh sentral dalam pengerahan para santri dan pejuang dalam melawan penjajah baik pra maupun paska kemerdekaan, khususnya di Jawa Timur. Penelitian ini mengambil judul: “Komunikasi Dakwah KH. Hasyim Asyari Dalam Film Sang Kiai”. Peneliti berusaha memahami adanya komunikasi dakwah yang di laksanakan tokoh KH. Hasyim Asyari berdasarkan kajian teori semiotika. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana komunikasi dakwah yang di laksanakan tokoh KH. Hasyim Asyari kepada tokoh lainya dalam film Sang Kiai?. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui komunikasi dakwah yang dilaksanakan oleh tokoh KH. Hasyim Asyari dalam film Sang Kiai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis isi (Content Analisis) melalui kajian semiotika sebagai pisau analisisnya. Teknik analisis data menggunakan teori semiotika model Roland Barthes. Berbagai tanda dan simbol dalam film Sang Kiai diterjemahkan melalui analisa double signifikasi versi Barthes, yakni signifikasi tahap denotasi dan konotasi. Hasil penelitian ini adalah komunikasi dakwah yang dilaksanakan KH. Hasyim Asyari meliputi lima jenis diantaranya: qawlan adhima, qawlan baligha, qawlan layyina, qawlan saddidan dan qawlan tsaqilah. Dan dari kelima jenis komunikasi dakwah tersebut yang mendominasi adalah qawlan baligha. %Z Pembimbing : Dr. Hamdan Daulay, M.A., M.Si.