%0 Thesis %9 Skripsi %A AULIYA NISWAH, NIM. 10210039 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2014 %F digilib:13097 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Kata Kunci : Aplikasi, Teknik Komunikasi Persuasif, Buku 7 Keajaiban Rezeki %T APLIKASI TEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM BUKU 7 KEAJAIBAN REZEKI KARYA IPPHO SANTOSA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13097/ %X Auliya Niswah 10210039. Skripsi : Aplikasi Teknik Komunikasi Persuasif Dalam Buku 7 Keajaiban Rezeki Karya Ippho Santosa. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Di zaman modern saat ini berdakwah tidak harus saling bertatap muka antara da’i dan mad’u. seorang da’i dapat menyebarkan dakwah Islamnya melalui berbagai media, seperti media cetak, media massa dan media elektronik. Media cetak merupakan salah satu bentuk sarana teknologi informasi yang dinilai efektif sebagai media dakwah, karena media cetak dapat dibaca oleh masyarakat luas, tidak dibatasi ruang dan waktu sehingga dapat dibaca kapan saja dan dimanapun secara praktis. Salah satu contoh media cetak yang dapat digunakan sebagai media dakwah adalah buku 7 Keajaiban Rezeki karya Ippho Santosa. Materi yang disampaikan dalam buku 7 Keajaiban Rezeki berisi pernyataan-pernyataan dari Al-Qur’an dan Al-Hadist. Melalui pesan-pesan yang disampaikan dalam buku 7 Keajaiban Rezeki diharapkan tidak hanya sekedar dapat diterima oleh masyarakat tetapi bagaimana agar pesan tersebut dapat dimengerti dan dipahami oleh masyarakat sehingga mampu mengubah serta mengajak masyarakat sesuai dengan pesan yang terdapat dalam buku 7 Keajaiban Rezeki. Komunikasi persuasif dalam isi buku 7 Keajaiban Rezeki akan dianalisa dengan analisis deskriptif kualitatif, dengan menggunakan kelima teknik komunikasi persuasif. Yaitu teknik Cognitif disonance, pay-off technique and fear hearing, teknik emphaty, teknik packing dan teknik asosiasi. Berdasarkan analisanya, peneliti melihat bahwa dalam buku 7 Keajaiban Rezeki terdapat kelima teknik komunikasi persusif. Dari kelima teknik komunikasi persuasif Ippho lebih banyak menggunakan teknik Cognitif disonance dan teknik packing dalam menyampaikan pesannya. Artinya Ippho lebih menggunakan teknik dengan cara bil hikmah dan menggunakan bahasa yang indah dalam menyampaikan pesan dakwahnya kepada pembaca. %Z Pembimbing : Khoiro Ummatin, S. Ag., M.Si