TY - THES N1 - Pembimbing : Faisal Syarifudin, S.Ag., SS., M. Si. ID - digilib13171 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13171/ A1 - IRA SARASWATI , NIM. 11130070 Y1 - 2014/06/11/ N2 - Layanan sirkulasi dalam suatu perpustakaan dapat dikatakan sebagai suatu aktivitas utama yang disetiap harinya dilaksanakan, termasuk di Perpustakaan SMK Negeri 5 Yogyakarta. Layanan sirkulasi di Perpustakaan SMK Negeri 5 Yogyakarta berbasis open source, pemustaka bebas mengakses semua jajaran bahan pustaka yang tersedia. Layanan Sirkulasi di perpustakaan ini masih menggunakan sistem manual dari semua kegiatannya, karena sistem otomasi saat itu masih dalam proses. Kegiatan sirkulasi di Perpustakaan ini meliputi peminjaman dan pengembalian koleksi, baik itu koleksi buku bacan umum maupun koleksi buku paket, juga melayani pendaftaran anggota dan pembuatan kartu anggota perpustakaan bagi yang berkeinginan memiliki Kartu Anggota perpustakaan SMK Negeri 5 Yogyakarta. Layanan ini juga bertugas dalam pendataan jumlah pengunjung setiap harinya, dengan menyediakan form daftar blangko pengunjung agar setiap pengunjung yang masuk mengisi blangko yang telah disediakan petugas perpustakaan. Pemberian sanksi baik itu berupa pembayaran denda keterlambatan pengembalian bahan pustaka maupun bagi pemustaka yang menghilangkan bahan pustaka pinjaman juga akan di layani di layanan sirkulasi. Bagi pemustaka yang telah lama meminjam bahan pustaka dan belum juga mengembalikannya maka akan dibuatkan dan diberi surat penagihan peminjaman bahan pustaka, sebagai peringatan kepada pemustaka untuk segera mengambalikan buku pinjamannya. Selain itu layanan ini juga melayani pembuatan surat keterangan bebas pinjaman buku perpustakaan untuk siswa yang sudah dinyatakan lulus dan benar-benar tidak memiliki tanggungan pinjaman buku perpustakaan. Semua data terkait peminjaman dan pengunjung setiap bulannya direkap menjadi suatu nominal dan dibuat dalam bentuk statistik, sehingga nantinya sebagai bahan evaluasi setiap tahunnya. Dalam pelaksanaan semua kegiatan dalam layanan sirkulasi tersebut tidak terlepas dari masalah-masalah yang ada, seperti tidak adanya pemberitahuan dari petugas perpustakaan kapan pinjaman harus dikembalikan, terutama ketika transaksi peminjaman. Selain itu juga sanksi yang kurang sesuai ketika pemustaka menghilangkan bahan pustaka pinjaman, kemudian tidak adanya sanksi pada pemustaka yang terlambat mengembalikan pinjaman. Berdasarkan pengamatan, sistem sirkulasi yang diterapkan kurang efektif karena hanya mengandalkan catatan disetiap harinya. Adanya penerapan sistem otomasi perpustakaan berbasisi SLIMs diharapkan dapat meminimalisir masalah-masalah dalam pelayanan sirkulasi tersebut. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Kata Kunci : Perpustakaan Sekolah KW - layanan KW - sirkulasi KW - kegiatan KW - masalah. M1 - lapd3 TI - PELAYANAN SIRKULASI BAHAN PUSTAKA DI PERPUSTAKAAN SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA AV - restricted ER -