<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGADAAN BAHAN PUSTAKA\r\nDI SD NEGERI KOTAGEDE 3 YOGYAKARTA\r\n\r\n"^^ . "Latar Belakang\r\nPerpustakaan merupakan unit kerja yang menghimpun, mengelola, dan\r\nmenyajikan kekayaaan intelektual untuk kepentingan pendidikan, penelitian,\r\npelestarian, informasi dan rekreasi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa\r\n(Lasa-Hs, 2007:12). Jenis-jenis perpustakaan, yaitu perpustakaan nasional,\r\nperpustakaan umum, perpustakaan perguruan tinggi, perpustakaan khusus,\r\nperpustakaan sekolah, perpustakaan pribadi dan perpustakaan kelembagaan.\r\nPerpustakaan-perpustakaan itu bekerja sebaik mungkin untuk melayani\r\nseluruh angotanya.\r\nPerpustakaan sekolah diperuntukkan kepada para guru, murid,\r\nkaryawan dan pemakai perpustakaan termasuk orang tua wali serta\r\nmasyarakat sekitar tempat sekolah itu berada. Menurut Sinaga (2011:21)\r\nPerpustakaan sekolah sebagai sumber fasilitas belajar benar-benar harus\r\ndijadikan pusat kegiatan proses belajar-mengajar yang menyenangkan.\r\nKeberadaan perpustakaan sekolah merupakan sarana yang baik untuk\r\nmendukung proses kegiatan belajar mengajar di sekolah.\r\nPerpustakaan sekolah bertugas untuk mengumpulkan bahan pustaka\r\nyaitu secara terus menerus menghimpun sumber informasi yang relevan untuk\r\ndikoleksi kemudian mengolah bahan pustaka tersebut menggunakan sistem\r\ntertentu. Selanjutnya bahan pustaka itu disimpan sekaligus, perpustakaan\r\nsekolah seharusnya menjadi pusat informasi, menjadi agen perubahan dan\r\nagen kebudayaan serta senantiasa mengikuti perkembangan dan kemajuan\r\nzaman. Menurut Sinaga (2011:12) secara lebih luas perpustakaan sekolah\r\nberguna untuk menunjang tercapainya target kurikulum. Oleh karena itu,\r\nperan perpustakaan sekolah merupakan bagian yang vital dan sebagai sarana\r\nyang multi-kompleks dalam sistem pendidikan di Indonesia. Hal ini berkaitan\r\ndengan tersedianya koleksi perpustakaan yang merupakan sarana fundamental\r\nbagi pencapaian tujuan pendidikan.\r\nPerpustakaan sekolah yang baik adalah perpustakaan yang dapat\r\nmemenuhi kebutuhan pemakainya. Hal itu dapat terlihat apabila koleksi di\r\nperpustakaan telah mampu memenuhi seluruh pemakainya dengan maksimal.\r\nKoleksi di perpustakaan sekolah harus sesuai dengan kebutuhan pemakai\r\nyang memanfaatkan perpustakaan. Penyediaan koleksi perpustakaan supaya\r\nmampu memenuhi pemakai, tidak terlepas dari adanya petugas bagian\r\npengadaan. Petugas bagian pengadaan melaksanakan tugasnya dengan baik\r\nyakni melakukan pengadaan koleksi perpustakaan yang disesuaikan dengan\r\npemakai perpustakaan.\r\nPengadaan koleksi perpustakaan adalah salah satu bidang kegiatan di\r\nperpustakaan. Bidang ini bertugas mengadakan dan mengembangkan koleksi\r\nsemua jenis koleksi di perpustakaan. Dalam melakukan kegiatan pengadaan\r\nkoleksi maka seorang yang bertugas dalam pengadaan ini harus menggunakan\r\nalat bantu seleksi. Menurut Yulia dan Sujana (2009:4.27-4.28) menyatakan\r\nbahwa alat bantu seleksi secara garis besar terbagi menjadi dua kelompok\r\nyaitu:\r\n1. Alat Bantu Seleksi\r\nInformasi yang diberikan dalam alat tersebut tidak terbatas pada data\r\nbibliografi, akan tetapi mencakup keterangan bahan pustaka tersebut\r\ndan keterangan lain yang diperlukan untuk mengambil keputusan.\r\nContohnya yaitu : majalah tinjauan buku, buku Book Review Index, dan\r\ndaftar judul untuk perpustakaan tertentu, subjek tertentu, atau kelompok\r\ntertentu\r\n2. Alat Identifikasi dan Verifikasi\r\nAlat ini digunakan untuk mengetahui judul yang telah terbit atau yang\r\nakan diterbitkan dalam bidang tertentu, penerbit tertentu, pengarang\r\ntertentu, negara tertentu, dan waktu tertentu pula serta digunakan untuk\r\nmelakukan verifikasi data bibliografi, harga dan sebagainya. Contohnya\r\nseperti : katalog penerbit, bibliografi nasional dan sebagainya.\r\nBerdasarkan wawancara penulis kepada pengelola perpustakaan Ibu\r\nHartini Irawati, pengadaan koleksi di perpustakaan SD Negeri Kotagede 3\r\nYogyakarta dilakukan dengan menggunakan alat bantu seleksi. Alat bantu\r\nseleksi yang digunakan adalah katalog penerbit. Perpustakaan SD Negeri\r\nKotagede 3 Yogyakarta belum menggunakan alat bantu seleksi yang lain\r\nseperti majalah tinjauan buku, Book Review Index dan sebagainya dalam\r\nmelakukan kegiatan pengadaan.\r\nBerdasarkan masalah yang telah dipaparkan di atas, penulis mengambil\r\ntema yang berjudul “Pengadaan Bahan Pustaka Di Perpustakaan SD Negeri\r\nKotagede 3 Yogyakarta”, sehingga dengan mengambil tema tersebut\r\ndiharapkan dapat menjadi bahan evaluasi dan mengembangkan metode\r\npengadaan koleksi yang sudah dilaksanakan.\r\n\r\n"^^ . "2014-06-11" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 11130079"^^ . "ABDULLAH MU’IZ BA’ALI KHOZIN "^^ . "NIM. 11130079 ABDULLAH MU’IZ BA’ALI KHOZIN "^^ . . . . . . "PENGADAAN BAHAN PUSTAKA\r\nDI SD NEGERI KOTAGEDE 3 YOGYAKARTA\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGADAAN BAHAN PUSTAKA\r\nDI SD NEGERI KOTAGEDE 3 YOGYAKARTA\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "PENGADAAN BAHAN PUSTAKA\r\nDI SD NEGERI KOTAGEDE 3 YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGADAAN BAHAN PUSTAKA\r\nDI SD NEGERI KOTAGEDE 3 YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGADAAN BAHAN PUSTAKA\r\nDI SD NEGERI KOTAGEDE 3 YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGADAAN BAHAN PUSTAKA\r\nDI SD NEGERI KOTAGEDE 3 YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGADAAN BAHAN PUSTAKA\r\nDI SD NEGERI KOTAGEDE 3 YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGADAAN BAHAN PUSTAKA\r\nDI SD NEGERI KOTAGEDE 3 YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGADAAN BAHAN PUSTAKA\r\nDI SD NEGERI KOTAGEDE 3 YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGADAAN BAHAN PUSTAKA\r\nDI SD NEGERI KOTAGEDE 3 YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #13187 \n\nPENGADAAN BAHAN PUSTAKA \nDI SD NEGERI KOTAGEDE 3 YOGYAKARTA \n \n\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Perpustakaan"@en . .