<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "\r\nPENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS\r\nKONTEKSTUAL MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING\r\nUNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN\r\nPEMECAHAN MASALAH SISWA SMP/MTs PADA MATERI KUBUS\r\nDAN BALOK\r\n\r\n"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar matematika berbasis\r\nkontekstual melalui metode penemuan terbimbing yang layak dan mengetahui\r\ndampak bahan ajar matematika berbasis kontekstual melalui metode penemuan\r\nterbimbing terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah.\r\nJenis penelitian ini adalah design research dengan menggunakan model\r\nGravemeijer dan Cobb yang terdiri atas tiga tahap yaitu preparing for the\r\nexperiment, design experiment, dan retrospective analysis. Subjek penelitian ini\r\nadalah siswa SMP Negeri 11 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Instrumen yang\r\ndigunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian bahan ajar, lembar\r\nobservasi, lembar tes, dan angket respon siswa.\r\nHasil penelitian ini adalah bahan ajar matematika berbasis kontekstual\r\nmelalui metode penemuan terbimbing yang memiliki karakteristik diawali dari\r\nmasalah kontekstual, aktivitas penemuan, kegiatan diskusi, dan latihan soal. Bahan\r\najar matematika tersebut sudah dapat dikatakan layak berdasarkan kriteria\r\nkelayakan yaitu valid, efektif, dan praktis. Validitas tersebut dilihat dari penilaian\r\nahli yaitu tiga dosen pendidikan matematika dan satu guru matematika, yang\r\nmenunjukkan bahwa bahan ajar memiliki kriteria sangat baik dengan persentase\r\n78,69%. Efektivitas dilihat dari dampak proses dan dampak hasil penggunaan\r\nbahan ajar, dampak proses sudah dapat dikatakan baik jika dilihat dari proses\r\npembelajaran seperti mengikuti petunjuk yang untuk melakukan aktivitas, diskusi,\r\npenemuan, menyelesaikan masalah, sementara itu dampak hasil dilihat dari nilai\r\npost-test. Hasil post-test menunjukkan 87,88% siswa nilainya berada di atas KKM\r\ndengan rata-rata 88,43, hal tersebut sudah sejalan dengan pembelajaran yang\r\nberlangsung di kelas sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tersebut dapat\r\ndikatakan efektif. Kepraktisan bahan ajar (praktibilitas) dilihat dari angket respon\r\nsiswa terhadap bahan ajar matematika. Hasil respon siswa menghasilkan skor 46,55\r\ndari skor ideal 60 dengan persentase 77,58%, sehingga respon siswa terhadap bahan\r\najar dikatakan positif. Dampak yang diperoleh setelah penggunaan bahan ajar\r\ntersebut siswa lebih antusias, siswa lebih aktif dalam pembelajaran, dan\r\nmenumbuhkan motivasi siswa untuk belajar matematika.\r\n\r\n"^^ . "2014-06-13" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 10600030"^^ . "ACHMAD FAUZI "^^ . "NIM. 10600030 ACHMAD FAUZI "^^ . . . . . . "\r\nPENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS\r\nKONTEKSTUAL MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING\r\nUNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN\r\nPEMECAHAN MASALAH SISWA SMP/MTs PADA MATERI KUBUS\r\nDAN BALOK\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "\r\nPENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS\r\nKONTEKSTUAL MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING\r\nUNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN\r\nPEMECAHAN MASALAH SISWA SMP/MTs PADA MATERI KUBUS\r\nDAN BALOK\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "\r\nPENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS\r\nKONTEKSTUAL MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING\r\nUNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN\r\nPEMECAHAN MASALAH SISWA SMP/MTs PADA MATERI KUBUS\r\nDAN BALOK\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "\r\nPENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS\r\nKONTEKSTUAL MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING\r\nUNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN\r\nPEMECAHAN MASALAH SISWA SMP/MTs PADA MATERI KUBUS\r\nDAN BALOK\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "\r\nPENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS\r\nKONTEKSTUAL MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING\r\nUNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN\r\nPEMECAHAN MASALAH SISWA SMP/MTs PADA MATERI KUBUS\r\nDAN BALOK\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "\r\nPENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS\r\nKONTEKSTUAL MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING\r\nUNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN\r\nPEMECAHAN MASALAH SISWA SMP/MTs PADA MATERI KUBUS\r\nDAN BALOK\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "\r\nPENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS\r\nKONTEKSTUAL MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING\r\nUNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN\r\nPEMECAHAN MASALAH SISWA SMP/MTs PADA MATERI KUBUS\r\nDAN BALOK\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "\r\nPENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS\r\nKONTEKSTUAL MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING\r\nUNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN\r\nPEMECAHAN MASALAH SISWA SMP/MTs PADA MATERI KUBUS\r\nDAN BALOK\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "\r\nPENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS\r\nKONTEKSTUAL MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING\r\nUNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN\r\nPEMECAHAN MASALAH SISWA SMP/MTs PADA MATERI KUBUS\r\nDAN BALOK\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "\r\nPENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS\r\nKONTEKSTUAL MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING\r\nUNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN\r\nPEMECAHAN MASALAH SISWA SMP/MTs PADA MATERI KUBUS\r\nDAN BALOK\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #13208 \n\n \nPENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS \nKONTEKSTUAL MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING \nUNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN \nPEMECAHAN MASALAH SISWA SMP/MTs PADA MATERI KUBUS \nDAN BALOK \n \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Matematika" . .