@phdthesis{digilib13214, month = {March}, title = { PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ADOBE FLASH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN TAHUN AJARAN 2013/ 2014 }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 07680012 ANIS JULAIKA WATI }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Suhardi, M.Pd. }, keywords = {Kata Kunci: adobe flash, hasil belajar, media pembelajaran, motivasi belajar. }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13214/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh media pembelajaran biologi berbasis adobe flash terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Banguntapan, (2) Mengetahui pengaruh media pembelajaran biologi berbasis adobe flash terhadap hasil belajar kognitif kelas X SMA Negeri 1 Banguntapan. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasy Experiment) dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan menggunakan dua kelas, yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan X4 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran adobe flash dan kelas kontrol dengan menggunakan media power point. Pengumpulan data adalah angket dan tes. Analisis data menggunakan uji statistik Mann Whitney U-test dan Independent Sampel T-test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Rata-rata skor motivasi belajar kelas eksperimen sebesar 75,00 dan kelas kontrol sebesar 73,03. Berdasarkan hasil uji Mann Whitney U-test p {\ensuremath{>}} 0,05 berarti motivasi belajar kelas kontrol sama dengan kelas eksperimen. Dengan demikian tidak terdapat perbedaan pengaruh pembelajaran menggunakan adobe flash dengan pembelajaran power point terhadap motivasi belajar siswa; (2) Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 91,00 dan kelas kontrol sebesar 76,33. Berdasarkan hasil uji Independent Sampel T-test p {\ensuremath{<}} 0,05 berarti terdapat perbedaan signifikan hasil posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dengan demikian terdapat pengaruh signifikan dalam menggunakan media biologi berbasis adobe flash terhadap hasil belajar. } }