@phdthesis{digilib13215, month = {June}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN LECTORA POKOK BAHASAN DINAMIKA PARTIKEL SEBAGAI SARANA BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09690003 ANISA JAYUSMAN }, year = {2014}, note = { Pembimbing : Winarti, M.Pd.Si }, keywords = {Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Lectora, Dinamika Partikel, Berpikir Kritis. }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13215/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif menggunakan lectora pokok bahasan dinamika partikel sebagai sarana berpikir kritis peserta didik; (2) mengetahui kualitas media pembelajaran interaktif menggunakan lectora pokok bahasan dinamika partikel yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, dan guru fisika SMA; (3) mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif menggunakan lectora pokok bahasan dinamika partikel yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model prosedural. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada prosedur penelitian pengembangan oleh Tim Puslitjaknov yang diadaptasi dari penelitian Borg dan Gall. Langkah pengembangan tersebut antara lain (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan; (2) mengembangkan produk awal; (3) validasi ahli dan revisi; (4) uji coba lapangan skala kecil; (5) uji coba lapangan skala besar. Instrumen berupa lembar validasi media, skala penilaian, dan skala respon peserta didik. Penilaian kualitas media dan respon peserta didik menggunkan skala Likert 4 skala yang dibuat dalam bentuk checklist.Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini telah menghasilkan: (1) media pembelajaran interaktif menggunakan lectora pokok bahasan dinamika partikel sebagai sarana berpikir kritis peserta didik; (2) kualitas media pembelajaran berdasarkan penilaian kualitas oleh ahli materi, ahli media kriteria sangat baik (SB) dengan persentase yang diperoleh dari ahli materi 90,13\%; ahli media 85,57\%; dan guru fisika SMA berdasakan penilaian kategori kriteria baik (B) dengan persentase 77,14 \%; (3) respon peserta didik terhadap respon media pembelajaran yang telah dikembangkan memiliki kriteria setuju (S) pada tahap uji coba lapangan skala kecil dan uji coba lapangan skala besar dengan persentase yang diperoleh masing-masing 73,28\% dan 77,88\%. } }