<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN MESSAGE\r\nBERKONTEN KETERAMPILAN PROSES SAINS\r\nDENGAN COOPERATIVE LEARNING TYPE GROUP INVESTIGATION\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA\r\n\r\n"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran\r\nMESSAGE berkonten keterampilan proses sains dan model pembelajaran\r\ncooperative learning type group investigation terhadap kemampuan berpikir kritis\r\nsiswa, serta penerapan model pembelajaran MESSAGE berkonten keterampilan\r\nproses sains dan model pembelajaran cooperative learning type group investigation\r\ndalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi fluida stastis.\r\nJenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen (quasi eksperiment) dengan\r\nnonequivalent control group design, dengan variabel bebas berupa model\r\npembelajaran MESSAGE berkonten keterampilan proses sains dan cooperative\r\nlearning type group investigation, dan variabel terikatnya adalah kemampuan\r\nberpikir kritis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X MIA di SMA N\r\n8 Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling,\r\nsehingga terpilih kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen I dengan model\r\npembelajaran MESSAGE berkonten keterampilan proses sains dan X MIA 2\r\nsebagai kelas eksperimen II dengan model cooperative learning type group\r\ninvestigation. Instrumen pengambilan data yang digunakan adalah soal pretestposttest,\r\nsedangkan instrument pembelajaran berupa silabus, RPP dan LKS. Teknik\r\nanalisis data soal pretest-posttest menggunakan statistik inferensial uji Mann-\r\nWhitney U.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran MESSAGE\r\nberkonten keterampilan proses sains dan model cooperative learning type group\r\ninvestigation berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis (nilai\r\nAsyimp.Sig (2-tailed) adalah 0,548. Karena 0,548 >0,05, maka Ho diterima).\r\nPeningkatan kemampuan berpikir kritis kelas yang diberi perlakuan model\r\nMESSAGE berkonten keterampilan proses sains memiliki rata-rata N-Gain 0,62\r\ntermasuk kategori sedang, sedangkan pada model cooperative learning type group\r\ninvestigation memiliki rata-rata N-Gain 0,58 juga termasuk dalam kategori sedang.\r\n\r\n"^^ . "2014-06-13" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 10690028"^^ . "ICMI KARTIKASARI "^^ . "NIM. 10690028 ICMI KARTIKASARI "^^ . . . . . . "PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN MESSAGE\r\nBERKONTEN KETERAMPILAN PROSES SAINS\r\nDENGAN COOPERATIVE LEARNING TYPE GROUP INVESTIGATION\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN MESSAGE\r\nBERKONTEN KETERAMPILAN PROSES SAINS\r\nDENGAN COOPERATIVE LEARNING TYPE GROUP INVESTIGATION\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN MESSAGE\r\nBERKONTEN KETERAMPILAN PROSES SAINS\r\nDENGAN COOPERATIVE LEARNING TYPE GROUP INVESTIGATION\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN MESSAGE\r\nBERKONTEN KETERAMPILAN PROSES SAINS\r\nDENGAN COOPERATIVE LEARNING TYPE GROUP INVESTIGATION\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN MESSAGE\r\nBERKONTEN KETERAMPILAN PROSES SAINS\r\nDENGAN COOPERATIVE LEARNING TYPE GROUP INVESTIGATION\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN MESSAGE\r\nBERKONTEN KETERAMPILAN PROSES SAINS\r\nDENGAN COOPERATIVE LEARNING TYPE GROUP INVESTIGATION\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN MESSAGE\r\nBERKONTEN KETERAMPILAN PROSES SAINS\r\nDENGAN COOPERATIVE LEARNING TYPE GROUP INVESTIGATION\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN MESSAGE\r\nBERKONTEN KETERAMPILAN PROSES SAINS\r\nDENGAN COOPERATIVE LEARNING TYPE GROUP INVESTIGATION\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN MESSAGE\r\nBERKONTEN KETERAMPILAN PROSES SAINS\r\nDENGAN COOPERATIVE LEARNING TYPE GROUP INVESTIGATION\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN MESSAGE\r\nBERKONTEN KETERAMPILAN PROSES SAINS\r\nDENGAN COOPERATIVE LEARNING TYPE GROUP INVESTIGATION\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #13217 \n\nPERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN MESSAGE \nBERKONTEN KETERAMPILAN PROSES SAINS \nDENGAN COOPERATIVE LEARNING TYPE GROUP INVESTIGATION \nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA \n \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Fisika"@en . .