%A NIM. 10690028 ICMI KARTIKASARI %O Pembimbing : Drs. Murtono, M.Si %T PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN MESSAGE BERKONTEN KETERAMPILAN PROSES SAINS DENGAN COOPERATIVE LEARNING TYPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MESSAGE berkonten keterampilan proses sains dan model pembelajaran cooperative learning type group investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, serta penerapan model pembelajaran MESSAGE berkonten keterampilan proses sains dan model pembelajaran cooperative learning type group investigation dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi fluida stastis. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen (quasi eksperiment) dengan nonequivalent control group design, dengan variabel bebas berupa model pembelajaran MESSAGE berkonten keterampilan proses sains dan cooperative learning type group investigation, dan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X MIA di SMA N 8 Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, sehingga terpilih kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen I dengan model pembelajaran MESSAGE berkonten keterampilan proses sains dan X MIA 2 sebagai kelas eksperimen II dengan model cooperative learning type group investigation. Instrumen pengambilan data yang digunakan adalah soal pretestposttest, sedangkan instrument pembelajaran berupa silabus, RPP dan LKS. Teknik analisis data soal pretest-posttest menggunakan statistik inferensial uji Mann- Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran MESSAGE berkonten keterampilan proses sains dan model cooperative learning type group investigation berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis (nilai Asyimp.Sig (2-tailed) adalah 0,548. Karena 0,548 >0,05, maka Ho diterima). Peningkatan kemampuan berpikir kritis kelas yang diberi perlakuan model MESSAGE berkonten keterampilan proses sains memiliki rata-rata N-Gain 0,62 termasuk kategori sedang, sedangkan pada model cooperative learning type group investigation memiliki rata-rata N-Gain 0,58 juga termasuk dalam kategori sedang. %K Kata kunci: Model pembelajaran MESSAGE berkonten keterampilan proses sains, model cooperative learning type group investigation, kemampuan berpikir kritis. %D 2014 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib13217