@phdthesis{digilib13220,
           month = {June},
           title = {PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF
DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN
MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONTEKSTUAL
BERBASIS POTENSI PESISIR

},
          school = {UIN SUNAN KALIJAGA},
          author = {NIM. 10600019 DIENA FRENTIKA },
            year = {2014},
            note = {Pembimbing :  Dr. Ibrahim, M.Pd.
},
        keywords = {Kata Kunci : pembelajaran matematika kontekstual berbasis potensi pesisir,
kemampuan penalaran adaptif, sikap peduli lingkungan


},
             url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13220/},
        abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kemampuan
penalaran adaptif dan sikap peduli lingkungan melalui pembelajaran matematika
kontekstual berbasis potensi pesisir yang diimplementasikan dalam metode STAD
ditinjau dari kemampuan awal matematika.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan the
non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas
VIII SMP Negeri 4 Cilacap. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII H dan
siswa kelas VIII G tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data
menggunakan skala sikap awal dan akhir sikap peduli lingkungan serta
menggunakan pretes dan postes kemampuan penalaran adaptif. Teknik analisis
data dalam penelitian ini menggunakan uji anova satu jalur dan anova dua jalur
dengan sebelumnya melakukan uji prasyarat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kemampuan penalaran adaptif
siswa yang memperoleh pembelajaran matematika kontekstual berbasis potensi
pesisir meningkat dengan tidak terdapat perbedaan secara signifikan antar siswa
berkemampuan awal matematika (tinggi, sedang, dan rendah), berdasarkan nilai
sig 0,646 (KAM PAN) dan 0,730 (KAM PAP) pada uji Anova begitupun dengan
sikap peduli lingkungan dengan nilai sig 0,411 (KAM PAN) dan 0,851 (KAM
PAP) pada uji Anova. 2) peningkatan kemampuan penalaran adaptif siswa yang
memperoleh pembelajaran matematika kontekstual berbasis potensi pesisir lebih
tinggi secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang memperoleh
pembelajaran konvensional, berdasarkan nilai sig 0,032 (KAM PAN) dan 0,034
(KAM PAP) pada uji Anova dan sig (1-tailed) = 0,0015. Sedangkan peningkatan
sikap peduli lingkungan siswa yang memperoleh pembelajaran matematika
kontekstual berbasis potensi pesisir tidak lebih tinggi secara signifikan
dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional,
berdasarkan nilai sig 0,603 (KAM PAN) dan 0,902 (KAM PAP) pada uji Anova.
3) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal
matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan penalaran adaptif
berdasarkan nilai sig 0,534 (KAM PAN) dan 0,902 (KAM PAP) pada uji Anova,
begitupun dengan interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika
terhadap peningkatan sikap peduli lingkungan berdasarkan nilai sig 0,448 (KAM
PAN) dan 0,551 (KAM PAP) pada uji Anova.

}
}