@phdthesis{digilib13220, month = {June}, title = {PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONTEKSTUAL BERBASIS POTENSI PESISIR }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 10600019 DIENA FRENTIKA }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Dr. Ibrahim, M.Pd. }, keywords = {Kata Kunci : pembelajaran matematika kontekstual berbasis potensi pesisir, kemampuan penalaran adaptif, sikap peduli lingkungan }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13220/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kemampuan penalaran adaptif dan sikap peduli lingkungan melalui pembelajaran matematika kontekstual berbasis potensi pesisir yang diimplementasikan dalam metode STAD ditinjau dari kemampuan awal matematika. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan the non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Cilacap. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII H dan siswa kelas VIII G tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data menggunakan skala sikap awal dan akhir sikap peduli lingkungan serta menggunakan pretes dan postes kemampuan penalaran adaptif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji anova satu jalur dan anova dua jalur dengan sebelumnya melakukan uji prasyarat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kemampuan penalaran adaptif siswa yang memperoleh pembelajaran matematika kontekstual berbasis potensi pesisir meningkat dengan tidak terdapat perbedaan secara signifikan antar siswa berkemampuan awal matematika (tinggi, sedang, dan rendah), berdasarkan nilai sig 0,646 (KAM PAN) dan 0,730 (KAM PAP) pada uji Anova begitupun dengan sikap peduli lingkungan dengan nilai sig 0,411 (KAM PAN) dan 0,851 (KAM PAP) pada uji Anova. 2) peningkatan kemampuan penalaran adaptif siswa yang memperoleh pembelajaran matematika kontekstual berbasis potensi pesisir lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, berdasarkan nilai sig 0,032 (KAM PAN) dan 0,034 (KAM PAP) pada uji Anova dan sig (1-tailed) = 0,0015. Sedangkan peningkatan sikap peduli lingkungan siswa yang memperoleh pembelajaran matematika kontekstual berbasis potensi pesisir tidak lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, berdasarkan nilai sig 0,603 (KAM PAN) dan 0,902 (KAM PAP) pada uji Anova. 3) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan penalaran adaptif berdasarkan nilai sig 0,534 (KAM PAN) dan 0,902 (KAM PAP) pada uji Anova, begitupun dengan interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan sikap peduli lingkungan berdasarkan nilai sig 0,448 (KAM PAN) dan 0,551 (KAM PAP) pada uji Anova. } }