relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13220/
title: PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF  DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN  MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONTEKSTUAL  BERBASIS POTENSI PESISIR    
creator: DIENA FRENTIKA , NIM. 10600019
subject: Pendidikan Matematika
description: Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kemampuan  penalaran adaptif dan sikap peduli lingkungan melalui pembelajaran matematika  kontekstual berbasis potensi pesisir yang diimplementasikan dalam metode STAD  ditinjau dari kemampuan awal matematika.  Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan the  non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas  VIII SMP Negeri 4 Cilacap. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII H dan  siswa kelas VIII G tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data  menggunakan skala sikap awal dan akhir sikap peduli lingkungan serta  menggunakan pretes dan postes kemampuan penalaran adaptif. Teknik analisis  data dalam penelitian ini menggunakan uji anova satu jalur dan anova dua jalur  dengan sebelumnya melakukan uji prasyarat.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kemampuan penalaran adaptif  siswa yang memperoleh pembelajaran matematika kontekstual berbasis potensi  pesisir meningkat dengan tidak terdapat perbedaan secara signifikan antar siswa  berkemampuan awal matematika (tinggi, sedang, dan rendah), berdasarkan nilai  sig 0,646 (KAM PAN) dan 0,730 (KAM PAP) pada uji Anova begitupun dengan  sikap peduli lingkungan dengan nilai sig 0,411 (KAM PAN) dan 0,851 (KAM  PAP) pada uji Anova. 2) peningkatan kemampuan penalaran adaptif siswa yang  memperoleh pembelajaran matematika kontekstual berbasis potensi pesisir lebih  tinggi secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang memperoleh  pembelajaran konvensional, berdasarkan nilai sig 0,032 (KAM PAN) dan 0,034  (KAM PAP) pada uji Anova dan sig (1-tailed) = 0,0015. Sedangkan peningkatan  sikap peduli lingkungan siswa yang memperoleh pembelajaran matematika  kontekstual berbasis potensi pesisir tidak lebih tinggi secara signifikan  dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional,  berdasarkan nilai sig 0,603 (KAM PAN) dan 0,902 (KAM PAP) pada uji Anova.  3) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal  matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan penalaran adaptif  berdasarkan nilai sig 0,534 (KAM PAN) dan 0,902 (KAM PAP) pada uji Anova,  begitupun dengan interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika  terhadap peningkatan sikap peduli lingkungan berdasarkan nilai sig 0,448 (KAM  PAN) dan 0,551 (KAM PAP) pada uji Anova.    
date: 2014-06-11
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13220/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
format: text
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13220/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf
identifier:   DIENA FRENTIKA , NIM. 10600019  (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONTEKSTUAL BERBASIS POTENSI PESISIR.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.