%A NIM. 10670026 ENIK SUYAHNI %O Pembimbing : Panji Hidayat, M.Pd. %T PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MODEL GALLERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AFEKTIF DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MAN YOGYAKARTA II KELAS X SEMESTER 2 PADA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif model gallery learning terhadap hasil belajar afektif dan kreativitas peserta didik MAN Yogyakarta II Kelas X pada tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian non equivalent control group designatau the non equivalent pre-test post-test design. Pengambilan sampel yang dilakukan secara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan skala penilaian hasil belajar afektif dan kreativitas serta lembar observasi. Analisis data hasil belajar afektif dan kreativitas menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, nilai rata-rata hasil belajar afektif peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut sebesar 74,72 dan 70,84. Hasil tersebut menunujkkan bahwa ratarata hasil belajar afektif pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Nilai rata-rata kreativitas peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontol masing-masing sebesar 49,40 dan 48,72. Data postest hasil belajar afektif berdistribusi normal dan homogen dengan nilai sig sebesar 0,200 dan 0,051. Sedangkan data postest kreativitas juga berdistribusi normal dan homegen dengan nilai sig sebesar 0,200 dan 0,269. Hasil uji t dari data hasil belajar afektif dan kreativitas peserta didik masing-masing 2,033 dan 0,537dengan nilai sig masing-masing sebesar 0,048 < 0,05 dan 0,594 > 0,05. Hasil belajar afektif memiliki nilai t hitung< t tabel yaitu 2,033 > 1,68 sehingga hipotesis nol (H0) ditolak. Sedangkan kreativitasmemiliki nilai t hitung< t tabel yaitu 0,537 < 1,68 sehingga hipotesis nol (H0) diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran model gallery learning berpengaruh terhadap hasil belajar afektif, akan tetapi tidak berpengaruh terhadap kreativitas peserta didik. %K Kata Kunci: strategi pembelajaran, gallery learning, hasil belajar afektif, kreativitas. %D 2014 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib13223