<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DCI\r\n(DYNAMICS CONCEPT INVENTORY) BERBASIS\r\nREPRESENTASI GAMBAR UNTUK MENGETAHUI\r\nPEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan Instrumen tes DCI\r\nberbasis representasi gambar untuk dijadikan pedoman dalam mengidentifikasi\r\npemahaman konsep; (2) mengetahui sifat butir soal instrumen tes DCI; (3)\r\nmengidentifikasi pemahaman konsep fisika siswa pada materi Dinamika Gerak.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and\r\nDevelopment (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Model\r\npengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: define, design, develop, and\r\ndisseminate. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan teknik tes.\r\nTeknik analisis data yang dilakukan pada instrumen tes DCI melalui perhitungan\r\nmanual berbagai aspek yaitu validitas isi, validitas empiris, reliabilitas soal, daya\r\npembeda butir soal, tingkat kesukaran butir soal, dan efektivitas pengecoh,\r\nselanjutnya dibuktikan dengan software Anatest. Subjek dalam penelitian ini\r\nadalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Banguntapan, Bantul sebanyak 78 siswa\r\npada uji terbatas dan 132 siswa pada uji luas.\r\nHasil penelitian berupa perangkat instrumen DCI berbasis representasi\r\ngambar dengan memenuhi kualitas instrumen yang sangat baik, yaitu melalui\r\nlangkah-langkah model pengembangan 4-D. Karakteristik butir soal perangkat\r\ninstrumen tes DCI yang telah dikembangkan yaitu nilai reliabilitas 0,865; daya\r\npembeda 40% sangat baik, 30% baik, 10% cukup, 15% jelek, 5% tidak ada daya\r\npembeda; tingkat kesukaran soal 10% dalam kategori mudah, 70% dalam kategori\r\nsedang, 20% dalam kategori sukar; efektivitas pengecoh soal 13,75% dalam\r\nkategori tidak baik, 86,25% dalam kategori baik; dan kualitas instrumen tes DCI\r\ndalam kategori sangat baik. Profil pemahaman konsep yang telah berhasil\r\ndiidentifikasi pada materi Dinamika Gerak, yaitu: prinsip dasar dinamika untuk\r\ngerak sebesar 38,63%, Hukum Newton sebesar 48,96%, dan gaya sebesar 43,62%."^^ . "2014-06-23" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 09690009"^^ . "FARIDA RAHMAWATI"^^ . "NIM. 09690009 FARIDA RAHMAWATI"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DCI\r\n(DYNAMICS CONCEPT INVENTORY) BERBASIS\r\nREPRESENTASI GAMBAR UNTUK MENGETAHUI\r\nPEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA (Text)"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DCI\r\n(DYNAMICS CONCEPT INVENTORY) BERBASIS\r\nREPRESENTASI GAMBAR UNTUK MENGETAHUI\r\nPEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DCI\r\n(DYNAMICS CONCEPT INVENTORY) BERBASIS\r\nREPRESENTASI GAMBAR UNTUK MENGETAHUI\r\nPEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DCI\r\n(DYNAMICS CONCEPT INVENTORY) BERBASIS\r\nREPRESENTASI GAMBAR UNTUK MENGETAHUI\r\nPEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DCI\r\n(DYNAMICS CONCEPT INVENTORY) BERBASIS\r\nREPRESENTASI GAMBAR UNTUK MENGETAHUI\r\nPEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DCI\r\n(DYNAMICS CONCEPT INVENTORY) BERBASIS\r\nREPRESENTASI GAMBAR UNTUK MENGETAHUI\r\nPEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DCI\r\n(DYNAMICS CONCEPT INVENTORY) BERBASIS\r\nREPRESENTASI GAMBAR UNTUK MENGETAHUI\r\nPEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DCI\r\n(DYNAMICS CONCEPT INVENTORY) BERBASIS\r\nREPRESENTASI GAMBAR UNTUK MENGETAHUI\r\nPEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DCI\r\n(DYNAMICS CONCEPT INVENTORY) BERBASIS\r\nREPRESENTASI GAMBAR UNTUK MENGETAHUI\r\nPEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DCI\r\n(DYNAMICS CONCEPT INVENTORY) BERBASIS\r\nREPRESENTASI GAMBAR UNTUK MENGETAHUI\r\nPEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #13229 \n\nPENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DCI \n(DYNAMICS CONCEPT INVENTORY) BERBASIS \nREPRESENTASI GAMBAR UNTUK MENGETAHUI \nPEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Fisika"@en . .