@phdthesis{digilib13233, month = {June}, title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DAN KETERAMPILAN KERJASAMA }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 10670047 LUTHFIATUL KHUSNA }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Jamil Suprihatiningrum, M.Pd.Si. }, keywords = {Kata Kunci: kuasi eksperimen, model pembelajaran kooperatif tipe NHT, model pembelajaran kooperatif tipe TPS, hasil belajar kimia, keterampilan kerjasama }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13233/}, abstract = {Telah dilakukan penelitian pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar kimia dan keterampilan kerjasama. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain the static group pretest-postest design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Sampel penelitian adalah kelas XE sebagai kelas eksperimen dan XF sebagai kelas kontrol. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan teknik ujian menggunakan instrumen soal pretest dan postest dan teknik non-ujian menggunakan lembar observasi keterampilan kerjasama. Analisis data dilakukan dengan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan TPS terhadap hasil belajar kimia peserta didik. Hal ini didasarkan pada hasil uji T nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,874 {\ensuremath{>}} 0,05. Artinya H0 diterima atau tidak terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan TPS terhadap hasil belajar kimia peserta didik. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan TPS terhadap keterampilan kerjasama peserta didik. Hal ini didasarkan pada hasil uji T nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05. Artinya, H0 ditolak atau terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan TPS terhadap keterampilan kerjasama peserta didik. } }