@phdthesis{digilib13237, month = {May}, title = {PENERAPAN METODE COURSE REVIEW HORAY DISERTAI MODUL KEANEKARAGAMAN REPTILIA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI MA IBNUL QOYYIM PUTRI }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 10680021 PUJI LESTARI }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Runtut Prih Utami, M.Pd. }, keywords = {Kata kunci : hasil belajar, metode pembelajaran, minat belajar, modul }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13237/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Course review horay disertai modul keanekaragaman Reptilia, untuk meningkatkan minat dan hasil belajar biologi siswa kelas X B MA Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru. Subyek penelitian ini adalah 16 siswa kelas X B MA Ibnul Qoyyim Putri. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan dengan alokasi waktu 2 X 45 menit. Siklus I tindakan yang dilakukan dengan menerapkan metode ceramah berbantu media, kemudian pada siklus II dengan penerapan metode Course review horay dan siklus III penerapan metode Course review horay disertai modul keanekaragaman Reptilia. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, test dan dokumentasi. Sementara teknik analisa data menggunakan effect size dan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa metode Course review horay disertai modul keanekaragaman Reptilia dapat meningkatkan minat dan hasil belajar kognitif siswa. Dari hasil analisis angket minat belajar biologi siswa, diperoleh skor rata-rata masing-masing indikator minat belajar siswa yang meliputi perhatian, kepuasan, percaya diri dan relevasi pada tiap siklus mengalami peningkatan. Adapun pada siklus III skor rata-rata keempat indikator minat belajar siswa masuk dalam kategori sangat baik. Sementara untuk hasil belajar kognitif siswa selalu terdapat peningkatan nilai post-test siswa pada masing-masing siklus. Adapun effect size antara siklus I dan siklus II sebesar 1,38 sehingga masuk dalam kategori efek besar, sementara effect size untuk siklus II dan III yakni sebesar 0,24 sehingga masuk dalam kategori efek sedang. } }