%0 Thesis %9 Skripsi %A DESTY WIDANINGRUM, NIM. 09600004 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2014 %F digilib:13245 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Kata Kunci : Efektivitas, Missouri Mathematics Project (MMP), Numbered Head Together (NHT), Pemahaman Konsep, Keaktifan %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII SMP N 1 KASIHAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13245/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) apakah model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan metode Numbered Head Together (NHT) lebih efektif terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP daripada model pembelajaran konvensional. 2) apakah model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan metode Numbered Head Together (NHT) lebih efektif terhadap peningkatan keaktifan siswa kelas VIII SMP daripada model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah Quasi Ekspeimental dengan desain perbandingan kelompok statis. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu model pembelajaran MMP dengan metode NHT, variabel terikat yaitu pemahaman konsep dan keaktifan siswa, dan variabel kontrol yaitu materi, waktu pembelajaran, dan guru mata pelajaran.Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP N 1 Kasihan tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 112 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Terpilh kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-D sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan independent sample t-test dengan bantuan program SPSS 16.0, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran MMP dengan metode NHT lebih efektif terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa daripada model pembelajaran konvensional. 2) pembelajaran menggunakan model pembelajaran MMP dengan metode NHT lebih efektif terhadap peningkatan keaktifan siswa daripada model pembelajaran konvensional. %Z Pembimbing : Suparni, M.Pd.