@phdthesis{digilib13246, month = {June}, title = { PENGEMBANGAN CHEM-POCKETBOOK BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SMA/MA PADA MATERI POKOK SIFAT KOLIGATIF LARUTAN DAN REAKSI OKSIDASI REDUKSI }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 10670021 ZUYINATUL LATIFAH }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Moh. Agung Rokhimawan, M.Pd. }, keywords = {Kata kunci: Chem-Pocketbook,Pendekakatan Kontekstual, Sifat Koligatif Larutan, Reaksi Oksidasi Reduksi, dan Sumber Belajar Mandiri. }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13246/}, abstract = {Penelitian dan pengembangan (R\&D) Chem-Pocketbook bertujuan untuk mengetahui karateristik produkChem-Pocketbook berbasis pendekatan kontekstual sebagai sumber belajar mandiri SMA/MA pada materi pokok sifat koligatif larutan dan reaksi oksidasi reduksi. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui kualitas Chem-Pocketbook berbasis pendekatan kontekstual sebagai sumber mandiri SMA/MA pada materi pokok sifat koligatif larutan dan reaksi oksidasi reduksi. Produk Chem-Pocketbookmemiliki beberapa karateristik seperti buku dapat dimasukkan ke dalam saku dengan ukuran 11 cm X 8 cm, penyajian materi dikaitkan dengan fenomena dalam kehidupan sekitar peserta didik, produk Chem- Pocketbookdigunakan sebagai sumber belajar mandiri dan produk Chem- Pocketbook mendapatkan tinjauan dan masukan dari teman sejawat pendidikan kimia yang sedang atau telah selesai melakukan penelitian pengembangan. Penilaian kualitas produk Chem-Pocketbook dilakukan oleh ahli media, ahli bahasa, ahli materi, 4 pendidik kimia SMA/MAdan respon 60 peserta didik kelas XII IPA SMA/MA. Instrumen penilaian berupa angket berskala likert berbentuk check list ({$\sqrt{}$}), sedangkan instrumen respon berupa angket berskala guttman berbentuk check list ({$\sqrt{}$}). Hasil penilaian dan respon berupa data kualitatif yang diubah menjadi data kuantitatif dengan skala likert. Kualitas Chem-pocketbook dapat diketahui dengan mengubah data kuantitatif menjadi data kualitatif menggunakan kategori penilaian ideal skala 5. Berdasarkan penelitian, Chem-Pocketbook mempunyai kualitas Sangat Baik (SB)berdasarkanpenilaian ahli media dengan persentase keidealan 91,25\%, ahli bahasa dengan persentase keidealan 85,45\%, ahli materi dengan persentase keidealan 91\%, dan 4 pendidik kimia SMA/MAdengan persentasekeidealan 90,83\%. Selain itu, Chem-Pocketbook juga memperoleh respon sangat positif dari 60 peserta didik kelas XII IPA SMA/MAdengan persentase keidealan 98,08\%. } }