%0 Thesis %9 Skripsi %A FARHAH MARDIANA , NIM. 10600032 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2014 %F digilib:13254 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Kata Kunci: Subject Specific Pedagogy (SSP), Pendekatan PMRI, SPLDV %T PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA MATERI POKOK SPLDV KELAS VIII SMP %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13254/ %X Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan Subject Specific Pedagogy (SSP) Matematika berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII SMP yang siap digunakan guru, mengetahui kualitas SSP berdasarkan penilaian ahli, mengetahui respon guru dan siswa terhadap penggunaan SSP, serta mengetahui kegunaan SSP dalam memfasilitasi pemahaman konsep siswa. SSP Matematika pada materi pokok SPLDV kelas VIII SMP yang disusun terdiri dari petikan silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan instrumen penilaian. Prosedur pengembangan mengadaptasi dari model penelitian pengembangan dengan menggunakan model prosedural ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Produk ini dikembangkan dengan melalui beberapa revisi berdasarkan masukan dari reviewer, peer-reviewer, guru matematika, serta hasil uji coba terbatas dan uji coba lapangan terhadap produk. Sumber data penelitian dalam pengembangan SSP ini adalah dosen ahli, guru matematika, dan siswa SMP Negeri 14 Yogyakarta, sedangkan data yang diperoleh berupa penilaian SSP berbasis PMRI, skala respon guru dan respon siswa, hasil skor pretest dan posttest, serta hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran. SSP yang telah dihasilkan dinilai oleh ahli. Penilaian SSP Matematika tergolong dalam kategori sangat baik dengan persentase keidealan 89,79%. SSP ini juga teruji dapat memfasilitasi pemahaman konsep siswa menjadi lebih baik yang ditunjukkan oleh persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 64,70%. Respon guru terhadap SSP tergolong dalam kategori sangat positif dengan skor 70 dari skor maksimal ideal 80 dengan persentase keidealan respon 87,5%. Serta respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan SSP mendapat skor positif dengan persentase keidealan sebesar 70,83%. %Z Pembimbing : Mulin Nu’man, M.Pd.