TY  - THES
N1  - Pembimbing :  Mulin Nu?man, M.Pd

ID  - digilib13266
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13266/
A1  - RIZKY ARDIANI NURANISA,  NIM. 10600051
Y1  - 2014/06/13/
N2  - Penelitian ini merupakan penelitian design research yang bertujuan untuk
mengembangkan bahan ajar berbasis masalah melalui metode Group Investigation
yang layak serta mengetahui dampak proses maupun dampak hasil dari
penggunaan bahan ajar berbasis pemecahan masalah terhadap pemahaman konsep
dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP/MTs.
Prosedur penelitian design research yang digunakan mengadopsi model
penelitian Gravemeijer dan Cobb (2006) dengan tiga tahap penelitian yaitu (1)
preparing for the experiment yang meliputi analisis, pengembangan bahan ajar,
dan penilaian validator, (2) design experiment yaitu tahap pelaksanaan penelitian,
dan (3) retrospective analysis yaitu tahap analisis data sehingga menghasilkan
lokal teori. Jenis bahan ajar yang dikembangkan yaitu bahan ajar cetak dengan
pendekatan pembelajaran berbasis pemecahan masalah dengan empat tahap
penyelesaian yaitu memahami masalah, merumuskan hipotesis penyelesaian,
menyusun rencana penyelesaian, dan melakukan verifikasi. Bahan ajar yang
dikembangkan diujicobakan di SMP Negeri 2 Muntilan kelas VIII E dengan
metode yang dipilih yaitu Group Investigation. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian yaitu lembar penilaian bahan ajar, soal posttest pemahaman konsep dan
kemampuan pemecahan masalah, dan angket respon siswa.
Bahan ajar matematika yang dikembangkan memenuhi kriteria valid
karena komponen isi, penyajian, dan bahasa memperoleh kriteria sangat baik.
Komponen pembelajaran berbasis masalah dan metode Group Investigation yang
dipilih memperoleh kriteria baik. Sehingga secara keseluruhan bahan ajar
tergolong dalam kategori sangat baik dengan persentase keidealan 75,75%. Praktis
dengan respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan bahan ajar tergolong
positif dengan skor 98 dari skor maksimal 124 dan efektif karena setelah
menggunakan bahan ajar berbasis masalah, pemahaman konsep dan kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa terfasilitasi, terbukti dengan 61,29% siswa
memperoleh nilai di atas KKM yang ditetapkan di sekolah, dan berdampak pada
terfasilitasinya pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika.


PB  - UIN SUNAN KALIJAGA
KW  - Kata kunci : Bahan Ajar
KW  -  Pemecahan Masalah
KW  -  Group Investigation
KW  -  Design
Research
KW  -  Pemahaman Konsep



M1  - skripsi
TI  - PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MASALAH MELALUI
METODE GROUP INVESTIGATION UNTUK MEMFASILITASI
PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
MATEMATIKA
(SUATU DESIGN RESEARCH TERHADAP SISWA SMP PADA MATERI LINGKARAN)


AV  - restricted
ER  -