%A BAYU PRATAMA - NIM. 03420284 %O Pembimbing : Drs. H. Muhammad Rodli, M.Pd. %T UPAYA PENINGKATAN PRESTASI SISWA DALAM BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN PROBLEM POSING DI MTs NEGERI PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL %X ABSTRAK Proses pembelajaran bahasa Arab di MTs Negeri Piyungan Kabupaten Bantulpada umumnya hanya menekankan pada pencapaian kurikulum dan penyampaian tektual semata daripada mengembangkan kemampuan belajar dan membangun individu diri siswa. Akibatnya siswa kurang aktif, kurang kreatif dan malas berpikir sehingga menyebabkan nilai-nilai rata-rata kelas yang diperoleh kurang dari 5. peneliti merasa prihatin dan ingin memprbaiki keadaan tersebut dengan mencoba suatu model pembelajaran yang belum pernah dicoba khususnya di MTs Negeri Piyungan Kabupaten Bantul yaitu problem posing (membuat soal). Adapun langkah-langkah yang ditempuh adalah sebagai berikut : pada siklus pertama guru menjelaskan secara klasikal kemudian siswa membuat soal baik dari pernyataan maupun pengembangan dari soal yang diberikan. Dan siklus kedua, dimana siswa belajar membuat cerita sendiri dengan menggunakan bahasa Arab. Setelah dua siklus dilaksanakan terdapat peningkatan aktivitas belajar sebesar 23,6 % yaitu : dari 18,4 % menjadi 42 % dan nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 6,21 menjadi 6,28 pada siklus II. Disamping itu problem posing dapat melatih siswa untuk meningkatkan kepercayaan dirinya. %K Peningkatan prestasi, Bahasa Arab, belajar. %D 2008 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib1327