%0 Thesis %9 Skripsi %A WAHYU HIDAYAH , NIM. 10680001 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2014 %F digilib:13271 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Kata kunci: Pendekatan JAS, Keaktifan, Hasil Belajar %T PENGARUH PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KRETEK BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13271/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh pendekatan JAS terhadap keaktifan siswa pada pembelajaran materi pokok kingdom plantae, 2) pengaruh pendekatan JAS terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi pokok kingdom plantae, 3) tanggapan siswa terhadap pembelajaran menggunakan pendekatan JAS pada materi pokok kingdom plantae. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasy Experiment) dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Kretek Bantul. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan menggunakan dua kelas, yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X4 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan pendekatan JAS dengan metode observasi dan diskusi sedangkan kelas kontrol dengan pendekatan teacher centered dengan metode ceramah dan tanya jawab. Alat pengumpulan data adalah tes, angket dan lembar observasi. Analisis data menggunakan uji statistik Mann Whitney U-test dan Independent Sample T-test, serta analisis deskriptif. Hasil penelitian antara lain (1) terdapat pengaruh pendekatan JAS terhadap keaktifan siswa pada pembelajaran materi pokok kingdom plantae. Hal ini ditunjukkan dengan nilai uji Mann Whitney U sebesar 81 (0,025), dengan sumbangan pengaruh R=24,1% (3) penerapan pendekatan JAS pada materi pokok kingdom plantae mendapatkan tanggapan positif terbukti dari hasil analisis deskriptif dengan presentasi rata-rata semua aspek memperoleh tanggapan sebanyak 80% dengan kategori baik. %Z Pembimbing : Runtut Prih Utami, M.Pd.