%0 Thesis %9 Skripsi %A ADIKA EPRIN PALASARI , NIM. 10690020 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2014 %F digilib:13307 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, Flap Book Fisika, Kemampuan Berpikir Kreatif %T PENGEMBANGAN FLAP BOOK FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF BAGI SISWA SMP/MTS KELAS VIII PADA MATERI CAHAYA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13307/ %X Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar berbentuk flap book fisika pada materi cahaya yang berkualitas melalui proses pengembangan serta mengetahui respon dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP/MTs kelas VIII setelah menggunakan produk yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah yang diadaptasi dari Borg dan Gall yang dibatasi sampai pada tahap ke tujuh yakni revisi produk operasional. Indikator kemampuan berpikir kreatif dibatasi pada ciri-ciri aptitude yaitu kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mengerjakan tes kognitif. Respon siswa pada uji coba lapangan tahap awal dilakukan terhadap 7 siswa kelas VIII SMP N 14 Yogyakarta. Respon siswa pada uji coba lapangan utama melibatkan 30 siswa kelas VIII E SMP N 12 Yogyakarta. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa diketahui pada tahap uji coba lapangan utama dengan menggunakan metode pre-experimental designs dengan jenis one-group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian berupa lembar validasi produk, lembar validasi soal tes & perangkat pembelajaran, lembar penilaian produk, lembar respon siswa dan soal (pretest/posttest). Berdasarkan hasil penelitian kualitas flap book fisika yang dikembangkan secara keseluruhan memiliki kategori sangat baik (SB) dengan skor rata-rata 3,45. Respon siswa terhadap flap book fisika yang dikembangkan memiliki kategori setuju (S) dengan rata-rata skor keseluruhan sebesar 3,19. Flap book fisika pada materi cahaya dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan nilai sig.(1-tailed) 0,001<0,05. Kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan sedang dengan nilai N-Gain sebesar 0,31. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa flap book fisika layak digunakan sebagai bahan ajar alternatif pembelajaran. %Z Pembimbing : Joko Purwanto M.Sc