eprintid: 13307 rev_number: 31 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/33/07 datestamp: 2014-07-01 07:47:00 lastmod: 2016-02-05 08:05:11 status_changed: 2014-07-01 07:47:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ADIKA EPRIN PALASARI , NIM. 10690020 title: PENGEMBANGAN FLAP BOOK FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF BAGI SISWA SMP/MTS KELAS VIII PADA MATERI CAHAYA ispublished: pub subjects: Pen_fis divisions: jur_pefis full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, Flap Book Fisika, Kemampuan Berpikir Kreatif note: Pembimbing : Joko Purwanto M.Sc abstract: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar berbentuk flap book fisika pada materi cahaya yang berkualitas melalui proses pengembangan serta mengetahui respon dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP/MTs kelas VIII setelah menggunakan produk yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah yang diadaptasi dari Borg dan Gall yang dibatasi sampai pada tahap ke tujuh yakni revisi produk operasional. Indikator kemampuan berpikir kreatif dibatasi pada ciri-ciri aptitude yaitu kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mengerjakan tes kognitif. Respon siswa pada uji coba lapangan tahap awal dilakukan terhadap 7 siswa kelas VIII SMP N 14 Yogyakarta. Respon siswa pada uji coba lapangan utama melibatkan 30 siswa kelas VIII E SMP N 12 Yogyakarta. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa diketahui pada tahap uji coba lapangan utama dengan menggunakan metode pre-experimental designs dengan jenis one-group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian berupa lembar validasi produk, lembar validasi soal tes & perangkat pembelajaran, lembar penilaian produk, lembar respon siswa dan soal (pretest/posttest). Berdasarkan hasil penelitian kualitas flap book fisika yang dikembangkan secara keseluruhan memiliki kategori sangat baik (SB) dengan skor rata-rata 3,45. Respon siswa terhadap flap book fisika yang dikembangkan memiliki kategori setuju (S) dengan rata-rata skor keseluruhan sebesar 3,19. Flap book fisika pada materi cahaya dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan nilai sig.(1-tailed) 0,001<0,05. Kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan sedang dengan nilai N-Gain sebesar 0,31. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa flap book fisika layak digunakan sebagai bahan ajar alternatif pembelajaran. date: 2014-06-10 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: ADIKA EPRIN PALASARI , NIM. 10690020 (2014) PENGEMBANGAN FLAP BOOK FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF BAGI SISWA SMP/MTS KELAS VIII PADA MATERI CAHAYA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13307/2/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13307/1/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf