TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. Yusuf Khoiruddin, SE, M.Si ID - digilib13311 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13311/ A1 - AHMAD HABIBI , NIM. 10390173 Y1 - 2014/06/16/ N2 - Perkembangan Perbankan Syari?ah saat ini yang begitu pesat, menyebabkan industri perbankan menghadapi lingkungan bisnis yang sangat kompetitif. Karena itu, diperlukan pendekatan-pendekatan dan terobosan untuk mengembangkan pasar syariah di Indonesia ini. Maka, salah satu upaya Bank Syari?ah dapat menerapkan Syariah Marketing yang terdiri dari empat karakteristik yaitu Teistis (rabbaniyyah), Etis (akhlaqiyyah), Realistis (al-waqi?iyyah) dan Humanistis (insaniyyah), yang merupakan suatu proses bisnis yang keseluruhan prosesnya menerapkan nilai-nilai Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel syari?ah marketing yang terdiri dari Teistis (rabbaniyyah), Etis (akhlaqiyyah), Realistis (al-waqi?iyyah) dan Humanistis (insaniyyah) berpengaruh secara simultan maupun parsial terhadap Kepuasan Nasabah Bank Pembangunan Daerah (BPD) Syariah Cabang Yogyakarta. Pengujian ini menggunakan teknik accidental sampling yaitu mengambil responden berdasarkan kebetulan, dimana siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan bila orang yang ditemui cocok sebagai sumber data. Subjek sebanyak 100 orang nasabah BPD Syariah yang telah menjadi nasabah kurang lebih 1 tahun dan minimal aktif bertransaksi 1 kali dalam sebulan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variable independen Syari?ah Marketing yang terdiri dari Teistis (rabbaniyyah), Etis (akhlaqiyyah), Realistis (al-waqi?iyyah) dan Humanistis (insaniyyah) berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Nasabah Bank BPD Syariah dengan pengaruh 18,1%, sedangkan sisanya sebesar 81,9% dijelaskan oleh variable lain. Secara parsial, disimpulkan bahwa dari empat karakteristik hanya dua yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, yaitu Teistis (rabbaniyyah) dengan thitung (3,060) dan Humanistis (insaniyyah) dengan thitung (2,567). Kata Kunci : Syari?ah Marketing,Teistis (rabbaniyyah), Etis (akhlaqiyyah), Realistis (alwaqi?iyyah), Humanistis (insaniyyah), Kepuasan Nasabah. PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK SYARIAH MARKETING TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK BPD SYARIAH CABANG YOGYAKARTA AV - restricted ER -