%A DEWI FAJAR RETNO PARIPIH - NIM. 03470613 %O Pembimbing : Dr. H. Muh. Anis, MA. %T SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana pelaksanaan supervisi pendidikan dalam meningkatkan profesional guru agama Islam. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan guru-guru pendidikan agama Islam SD Muhammadiyah Sapen. hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan masukan kepada kepala sekolah dan guru-guru pendidikan agama Islam tentang pelaksanaan supervisi yang efektif, sehingga tercapai tujuan yang diharapkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Selain itu sebagai lembaga yang berada di bawah naungan salah satu Organisasi Islam terbesar di Indonesia yaitu Muhammadiyah, SD Muhammadiyah Sapen mampu membuktikan sepak terjangnya dalam bidang pendidikan yang cukup profesional dan menjadi teladan bagi sekolah-sekolah lain. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisa data yang bersifat deskriptif kualitatif. Analisis deskriptif kualitatif adalah cara analisis yang cenderung menggunakan kata-kata untuk menjelaskan fenomena ataupun data yang didapatkan. Oleh karena itu, penelitian ini lebih bersifat deskriptik analitik, yaitu uraian naratif mengenai suatu proses tingkah laku subyek sesuai dengan masalah yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan supervisi pendidikan di SD Muhammadiyah Sapen khususnya yang berkaitan dengan usaha peningkatan profesional guru, sudah cukup baik dan berjalan dengan lancar. Berbagai upaya peningkatan dan pengembangan professional guru telah diusahakan. (2) Hasil yang dicapai dalam pelaksanaan supervisi pendidikan, kompetensi professional guru PAI di sekolah tersebut mengalami peningkatan. Ini dapat dilihat dari hasil wawancara dengan kepala sekolah selaku supervisor serta wawancara dengan guru PAI yaitu mengenai prestasi siswa khususnya dalam pelajaran PAI baik dari teori maupun praktiknya. (3) Teknik-teknik supervisi pendidikan yang diterapkan kepala sekolah sebagai supervisor dalam melaksanakan tugas supervisinya meliputi kunjungan kelas, percakapan pribadi, rapat guru, pertemuan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), lokakarya dan studi kelompok guru. %K Supervisi, Pendidikan, Profesionalitas, Guru, PAI %D 2008 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib1333