%0 Thesis %9 Skripsi %A M. ARJA MINANGUN, NIM. 10390081 %B FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM %D 2014 %F digilib:13367 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Kata kunci: Kelompok Referensi, personal selling, Motivasi dan Pengambilan Keputusan. %T PENGARUH KELOMPOK REFERENSI, PERSONAL SELLING DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGAMBIL PEMBIAYAAN DI BMT BINA IHSANUL FIKRI (BIF) CABANG GEDONGKUNING YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13367/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelompok referensi, personal selling dan motivasi terhadap keputusan nasabah mengambil pembiayaan di BMT Bina Ihsanul Fikri Cabang Gedongkuning yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian empiris yang diperoleh berdasarkan observasi lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah atau anggota BMT Bina Ihsanul Fikri yang mengambil pembiayaan dan dalam pembiayaan tersebut belum lunas, hal ini dilakukan untuk mempermudah peneliti menemui responden karena pasti nasabah tersebut akan mengangsur dan menemui petugas dari BMT. Sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Adapun variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelompok referensi, personal selling dan motivasi. Sedangkan pengambilan keputusan merupakan variabel dependen. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuisioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelompok referensi, personal selling dan motivasi berpengaruh simultan secara signifikan terhadap pengambilan keputusan oleh nasabah. Dan pengujian secara parsial ditemukan bahwa hanya personal selling dan motivasi yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan oleh nasabah dalam membuat keputusan untuk mengambil pembiayaan di BMT Bina Ihsanul Fikri cabang Gedongkuning Yogyakarta. Sedangkan untuk variabel kelompok referensi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pengambilan keputusan oleh nasabah dalam membuat keputusan untuk mengambil pembiayaan di BMT Bina Ihsanul Fikri cabang Gedongkuning Yogyakarta. Dari semua variabel yang ada dalam penelitian ini motivasi menjadi variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan nasabah untuk mengambil pembiayaan. %Z Pembimbing : Drs. Yusuf Khoiruddin, SE.,M.Si.